Brahmahardhika FKIP UNS. Sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UKM FKIP UNS), merupakan wadah apresiasi mahasiswa tingkat fakultas yang bergerak dibidang kepecintaalaman. UKM ini telah membuktikan dengan torehan prestasi yang telah diraih dan pantas dibanggakan, yaitu baru saja memenangkan kejuaraan Merbabu National Orienteering Competition (MNOC) pada akhir Maret 2017.

Brahmahardhika ketika menyabet gelar juara pada kompetisi MNOC

Sebelumnya terdapat beberapa lomba yang telah mereka menangkan, antara lain Juara 1 Sulfur Orienteering Competition (SOC) 7 di Magelang pada tahun 2016, Juara 1 Metala Orienteering Competition (MOC) tingkat nasional kategori Putra dan Putri pada tahun 2016, Juara 1 Indonesia Orienteering Series (IOS) kategori senior putri tingkat nasional, dan Juara 2 mapala Single Rope Technique (SRT) tahun 2016.

Berbagai kejuaraan ini sekaligus sebagai ajang pembuktian bahwa UKM Pecinta Alam mampu mengharumkan almamater dengan kontribusi dan prestasi mereka di berbagai kejuaraan. Selain itu, capaian ini sekaligus menjadi hasil gemilang yang mereka petik dari serangkaian latihan rutin yang tentu saja memerlukan kedisiplinan tinggi.

Brahmahardhika bertekad untuk mengubah pandangan masyarakat tentang Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) bahwa setiap organisasi mempunyai visi, misi, dan metode pelatihan tersendiri. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk menggelar latihan rutin yang sesuai dengan aturan yang berlaku untuk mencapai tujuan utama yakni membentuk karakter anggota dan membawa nama baik organisasi maupun institusi.

Sesi latihan rutin yang diselenggarakan Brahmahardhika

Dalam kesehariannya, UKM ini rutin mengadakan latihan dasar seperti Training Center (TC), latihan kepencintaalaman maupun konservasi. Kegiatan ini rutin mereka lakukan untuk melatih para anggotanya ketika menghadapi situasi di lapangan maupun dalam perlombaan. Apri Kurniawan, salah satu perwakilan tim pada lomba MNOC, menyampaikan bahwa mereka juga menggelar latihan intensif sebulan sebelum lomba dimulai.

Lebih lanjut, Brahmahardhika akan terus berkomitmen untuk mengembangkan ilmu kepecintaalaman dan terus memberikan yang terbaik dalam setiap delegasi perlombaan. Hal ini dilakukan agar dapat terus membawa dan mengharumkan nama UNS dalam bidang non-akademik. Brahmahardhika berharap dengan berbagai prestasi yang sudah mereka raih, UKM ini akan mendapatkan dukungan dan apresiasi dari berbagai pihak di lingkungan kampus UNS. humas-red.uns/Can/Dty