Desain Batik ‘Warak Kiteran Bung’ Karya Mahasiswa FSRD UNS Raih Juara 2 Indihome Desain Batik Heritage 2022

Desain Batik ‘Warak Kiteran Bung’ Karya Mahasiswa FSRD UNS Raih Juara 2 Indihome Desain Batik Heritage 2022

UNS — Mahasiswa Program Studi (Prodi) Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih Juara 2 Indihome Desain Batik Heritage 2022. Ia adalah Anggie Kurnia Rahma atau yang akrab disapa Enjik, mahasiswa yang saat ini duduk di semester lima.

Dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Indihome, Enjik mengusung desain batik yang diberi nama ‘Warak Kiteran Bung’. Melalui desain yang Ia kaitkan dengan Kota Semarang tersebut, Enjik berhasil menyisihkan 75 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Artinya ‘warak ngendog’ yang dikelilingi oleh rebung  atau tunas bambu. Rebung sering digunakan sebagai isian lumpia, makanan khas Semarang. Selain itu, motif lain adalah matahari dan garis-garis kontur yang merepresentasikan cuaca Kota Semarang yang panas dan memiliki kontur geografis Semarang atas dan Semarang bawah,” jelasnya, Rabu (30/11/2022).

Desain buatannya tersebut terinspirasi dari ikon tempat kelahirannya, yaitu Kota Semarang yang berupa warak ngendog. “Tradisi ini juga ada setiap menjelang Ramadan, biasanya disebut dugderan. Warak ngendog akan diarak di jalanan saat siang hari di jalan-jalan besar Kota Semarang,” imbuhnya.

Saat diumumkan meraih juara pada 29 Oktober 2022, Enjik mengaku sangat senang dan tidak menyangka bahwa desain buatannya dapat meraih juara. Mahasiswa Kriya Tekstil tersebut berharap dapat terus berkarya, tidak hanya dalam dunia desain, tetapi juga dalam bidang fesyen. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content