UNS — Tim mahasiswa Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta catatkan prestasi membanggakan. Mereka menyabet juara 3 dalam Lomba Sepekan Arsitektur 2022. Lomba tersebut diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur Tricaka Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY).

Tim ini beranggotakan tiga mahasiswa. Mereka adalah Oasis Ridho Illahi, Annisa Shafia Mushaffa, dan Bagas Trio Wahyu Saputra. Total sebanyak 70 orang dari 34 Universitas berbeda mengikuti kompetisi ini yang sepenuhnya dilaksanakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting.

Kepada uns.ac.id, mereka menceritakan pengalamannya dalam berkompetisi. Kompetisi tersebut mengambil tema “Inovasi pada Bangunan Maritim”. Permasalahan daerah sekitar pesisir menjadi hal yang disorot. Tim Mahasiswa Arsitektur UNS pun menggali isu permasalahan untuk diselesaikan dengan desain arsitektur.

“Tahun ini temanya Maritime Building. Jadi kami diminta membuat bangunan baru yang bisa membawa inovasi bangunan dan menggarap potensi unik maritim berbagai daerah di Indonesia,” ujar Oasis, Selasa (7/6/2022).

Mereka menemukan satu masalah unik di pantai wisata bernama Pantai Ngrenehan, Kabupaten Gunung Kidul. Hasil temuan tim ini menunjukkan potensi pantai tercermin dari pemandangan dan hamparan pasir putih yang indah. Namun, di pesisirnya terdapat banyak kapal nelayan yang tak terparkir rapi sehingga membuat pantai menjadi padat, sempit, dan kurang nyaman.

Dari permasalahan itulah, pada kompetisi ini, mereka mengusung desain parkiran kapal menggunakan konsep _ vertical rotary parking system_. Inspirasi ini muncul dari parkiran mobil vertikal otomatis yang banyak diterapkan beberapa negara di luar negeri. Mereka mencoba menerapkannya pada kapal-kapal di Pantai Ngerenehan dengan mendesain ulang layout sistem parkiran kapal di sana.

“Jadi, kapal-kapal diparkirkan menumpuk ke atas untuk menghemat space di pantai sehingga pantai menjadi lebih lega, bersih dan nyaman bagi wisatawan untuk berlibu,” terang Oasis.

Sistem parkiran ini menggunakan generator sebagai sumber energi utama. Adapun sumber energi alternatif yang digunakan berupa panel solar untuk menangkap energi matahari yang banyak tersedia di pantai. Panel solar tersebut terpasang pada atap instalasi parkiran.

Sistem parkir seperti ini dinilai memudahkan kerja nelayan dalam memarkirkan kapal mereka. Hal tersebut karena parkiran ini menggunakan sistem roda gigi yang digerakkan motor dan dioperasikan melalui panel kontrol sederhana. Nelayan pun mendapatkan kemudahannya dengan tidak perlu susah memarkir kapal ke bibir pantai. Kemudahan tersebut juga memang menjadi tujuan yang ditawarkan disamping tujuan utama dalam peningkatan potensi pariwisata.

“Jelas untuk meningkatkan potensi pariwisata. Selain itu, untuk mempermudah nelayan dalam memarkir kapal. Penggunaannya gampang karena menggunakan sistem sederhana,” tutur Oasis.

Keberhasilan dalam kompetisi ini semakin spesial. Ini merupakan kali pertama mereka menembus 3 besar setelah banyak kompetisi sayembara arsitektur yang telah diikuti. Mereka mengaku senang atas pencapaian yang diraih. Ide desain ini pun diharapkan dapat menjadi inspirasi dan membuka pandangan baru mengenai desain arsitektur maritim maupun desain arsitektur yang lainnya.

“Senang banget ya. Kami sudah mengikuti banyak kompetisi sayembara arsitektur. Cuma baru ini yang bisa lolos dan dapat tiga besar. Selain itu, karya kami benar-benar mengambil dari permasalahan yang ada. Jadi kami bisa menyelesaikan permasalahan pantai tersebut,” ujar Bagas. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Unit Kemahasiswaan FKIP UNS Gelar Lokakarya Kewirausahaan

UNS --- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dosen FKIP UNS Dampingi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM untuk Guru IPA Kabupaten Karanganyar

UNS --- Dosen Program Studi (Prodi) S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan...

Cerita Qanita, Mahasiswi FP UNS yang Memilih Terjun Dunia Balap Rally

UNS --- Dunia balap, biasanya identik dengan laki-laki. Namun, siapa sangka bahwa Mahasiswi...

Membanggakan! Mahasiswi UNS Torehkan Prestasi pada Ajang Balap Rally

UNS --- Prestasi membanggakan dalam ajang balap rally berhasil ditorehkan oleh mahasiswi...

Seminar Nasional Prodi S-3 PBI FKIP UNS Bahas Pembelajaran Bahasa Pascapandemi

UNS --- Program Studi (Prodi) doktoral (S-3) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Keguruan...

UNS Raih 2 Penghargaan IKU dari Kemendikbudristek

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih dua penghargaan sekaligus dari...

Kuliah Pakar Prodi Magister dan Doktor PPPM UNS Hadirkan Pemateri dari IBA Karachi, Pakistan

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister dan Doktor Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat...

Teknik Sipil UNS Raih Akreditasi Unggul oleh LAM Teknik

UNS --- Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

DWP UNS Gelar Khitanan Massal Diikuti 110 Peserta

UNS --- Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta,...

Peresmian Renovasi Gedung TK Widya Putra DWP UNS Dibarengi Pelepasan Peserta Didik

UNS --- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...