Dua Mahasiswa UNS Wakili Jawa Tengah dalam Pekan Seni Mahasiswa Nasional 2022

Dua Mahasiswa UNS Wakili Jawa Tengah dalam Pekan Seni Mahasiswa Nasional 2022

UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menempati peringkat 3 dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Jawa Tengah 2022. Delegasi UNS berhasil meraih 10 predikat juara dalam kompetisi yang berlangsung pada 19 Agustus—17 September 2022.

Mahasiswa yang meraih juara 1 akan mewakili Jawa Tengah dalam Pekan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2022 yang digelar pada 25—28 Oktober 2022 di Universitas Brawijaya (UB), Malang. UNS berhasil meloloskan dua wakil ke tingkat nasional, yaitu Renata Listya Kusuma Wangi dari tangkai seriosa putri dan Jatmi Adnan Alwi dari tangkai poster.

Peksimida Jawa Tengah diselenggarakan sebagai wadah seleksi wakil Jawa Tengah dalam ajang Peksiminas. Peksimida 2022 memperlombakan beberapa tangkai lomba, seperti seriosa, keroncong, pop, dangdut, melukis, poster, komik strip, fotografi, monolog, membaca puisi, menulis puisi, grup vokal, tari garapan, penulisan lakon, dan penulisan cerpen.

Saat diwawancari oleh uns.ac.id, Kamis (13/10/2022), Renata Listya Kusuma Wangi dari Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi mengaku sangat senang ketika diumumkan meraih juara.

“Setelah tampil, yaudah nothing to lose aja karena saingannya bagus-bagus semua. Yang penting udah berusaha menampilkan yang terbaik dan maksimal serta isi lagunya bisa tersampaikan ke juri dan pendengar,” ungkapnya.

Dalam Peksimida Jawa Tengah, seluruh peserta diwajibkan membawakan dua buah lagu yang terdiri atas lagu wajib dan lagu pilihan. Mahasiswa semester tujuh tersebut membawakan lagu wajib berjudul Doa karya Binsar Sitompul dan lagu pilihan berjudul Elegie karya Fx Sutopo.

Saat ini, Renata tengah mempersiapkan penampilannya di ajang Peksiminas 2022 akhir Oktober 2022 ini.

“Persiapannya lumayan karena terbatas waktu dan banyak agenda juga. Latihannya fleksibel sekitar tiga sampai lima kali sebelum berangkat, jadwalnya ngikutin pianisnya juga. Harapan buat Peksiminas bisa lebih baik lagi dan evaluasi kemarin bisa buat proses peningkatan di Peksiminas besok. Harapannya bisa juara, tapi yang paling penting bisa menampilkan yang terbaik,” pungkas Renata. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content