UNS — Kelompok C2 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kemanusiaan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang beranggotakan Fadhila Nur Illahi, Farrah Ardia Ramadhani, Daiva Odelia, Febriola Hotmaida Sagala, Dalilah Salsabila Salma, Az Zachra Sanati Khodijah, Aulia Safety Imron, Felita Hanin Firstari, Frisca Fadhilah Octaviany, dan Daniswara Yusuf Hartanto melakukan sosialisasi dan pembagian safe from Covid-19 kit kepada para pedagang kaki lima.

Fadhila selaku ketua kelompok, menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi poster dan pembagian safe from Covid-19 kit ini adalah guna mengajak para pedagang kaki lima agar selalu menjaga protokol kesehatan.

“Tujuan program pembagian poster dan safe from Covid-19 kit ini adalah untuk mengajak para pedagang kaki lima agar selalu menjaga prokes, terutama saat mereka harus memenuhi kewajiban mencari nafkah dan memberikan informasi kepada mereka untuk tetap berpikir positif agar tetap sehat dan bebas dari virus Covid-19,” terang Fadhila.

Program ini dibimbing oleh dr. Nanang Wiyono, M.Kes. yang dilaksanakan pada Senin (16/08/2021) pukul 16.00 WIB selama sekitar dua jam dan telah dipersiapkan sejak Senin (2/8/2021). Fadhila mengungkapkan bahwa teknis pelaksanaan program ini tergolong cukup mudah karena sudah dilakukan survei tempat sebelumnya. Maka, ketika sampai di lokasi, mereka segera mencari pedagang kaki lima untuk dilakukan edukasi seputar Covid-19.

“Begitu sampai di lokasi, kami langsung mencari pedagang untuk diedukasi. Media edukasinya menggunakan poster pencegahan stres yang sudah kami buat sebelumnya. Sebagai feedback mereka mendengarkan edukasi, kita memberikan satu paket safe from Covid-19 kit beserta poster edukasinya agar bisa dibaca-baca lagi,” jelas Fadhila.

Edukasi Pencegahan Stres Selama Pandemi, Kelompok C2 KKN Tematik Kemanusiaan FK UNS Sosialisasikan Poster dan Bagikan Safe From Covid-19 Kit

Adapun, setiap paket safe from Covid-19 kit yang dibagikan terdiri atas penyanitasi tangan, tiga masker medis, biskuit, susu kotak, permen, coklat, serta sirup herbal jahe. Paket tersebut dibagikan kepada 20 pedagang kaki lima di wilayah Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan Taman Cerdas Surakarta. Sementara, poster edukasi yang bertemakan upaya pencegahan stres, berisikan informasi mengenai gejala-gejala stres seperti sulit tidur, nafsu makan turun, gelisah, dan berdebar, serta upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres, terutama yang terjadi saat pandemi Covid-19. Upaya yang dipromosikan kelompok C2 KKN Tematik FK UNS bertajuk “BAHAGIA” yaitu akronim dari Berpikir positif, Atur napas pelan dan panjang, Hidangkan makanan sehat, Aktivitas fisik teratur, gunakan waktu tidur dengan baik, Ikuti protokol kesehatan, dan Alokasi waktu bersama keluarga.

Para pedagang memberi tanggapan positif terhadap program ini karena meningkatkan pemahaman mereka tentang ciri-ciri stres dan cara mengatasinya. Para pedagang juga menaruh harapan agar jumlah kasus Covid-19 terus menurun, serta Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dapat segera berakhir sehingga laju perekonomian dapat pulih. Fadhila menuturkan bahwa dia dan sembilan anggota lain dari kelompok C2 KKN Tematik FK UNS berharap agar semua informasi yang telah disampaikan dapat benar-benar diterapkan, sehingga para pedagang tetap sehat dan angka positif Covid-19 segera menurun. Humas UNS

Reporter: Zalfaa
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...