UNS — Prestasi membanggakan kembali diraih mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta di kancah nasional. Zahra Cantiabela dan Ruth Andini, mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS meraih juara lomba infografis di tiga ajang berbeda secara berturut-turut.

Kepada uns.ac.id, Zahra Cantiabela mengaku senang dan bersyukur atas hasil yang didapat. Ia juga sempat merasa bingung ketika mengetahui bahwa mereka bisa memenangkan tiga kompetisi tingkat nasional secara berturut-turut.

“Akhirnya kemarin kami bisa memenangkan tiga kompetisi di kancah nasional dan bisa membanggakan UNS,” tutur Zahra, Selasa (26/10/2021).

Ketiga prestasi yang mereka raih diantaranya juara 3 lomba infografis Statistic Explore 2021 yang diadakan Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta) Universitas Syiah Kuala; juara 3 dan juara favorit lomba infografis Avenger Up 2021 yang diadakan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) Universitas Pertamina; juara 1 Infografis Caption Environmental Competition (Infection) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Lingkungan UNS.

Beragam solusi mereka tawarkan dalam setiap infografis yang dibuat. Karya infografis yang maju dalam Avenger Up 2021 berjudul “Energy Conservartion Is Not A Trend, But A Necessity”. Infografis ini mengangkat tema energi alternatif. Zahra dan Ruth menuangkan gagasan konservasi energi berupa penggunaan sampah organik melalui teknik co-firing sebagai solusi alternatif terkait ketersediaan batu bara yang kian menipis.

Pada ajang Statistic Explore 2021, mereka mengajukan karya infografis berjudul “Indonesia SMART (Strategi Masyarakat & Pemerintah Road to Internet of Things”. Infografis ini memaparkan kiat dalam memajukan Indenesia. Mereka menawarkan solusi menata kota menuju smart province dengan melibatkan peran Internet of Things (IoT).

Ada juga infografis terkait cara menjaga kebersihan air di masa pandemi. Karya yang diajukan pada ajang E-ction 2021 ini mencoba mendukung tercapainya tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam hal air bersih dan kelayakan sanitasi.

“Kami selalu berdiskusi bersama. Mencari materi juga saling membantu. Untuk desain juga saling membantu. Revisi bersama,” terang Ruth Andini.

Dengan mengikuti lomba infografis ini, Zahra dan Ruth mencoba memaksimalkan potensi mereka dalam hal pengolahan data dan desain. Mereka belajar mencermati isu terkini dan dengan kreatif menghadirkannya dalam bentuk infografis yang menarik. Selain itu, infografis juga menjadi hal yang erat kaitannya dengan perkuliahan statistika mereka.

Ketiga raihan prestasi tersebut mereka dapatkan secara berturut-turut pada akhir September 2021. Keberhasilan Zahra dan Ruth juga tidak lepas dari peran Irwan Susanto, S.Si, DEA., dan Dr. Winita Sulandari, S.Si., Msi., selaku dosen pembimbing dalam mengikuti kompetisi ini.
Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

4
2

Segera Buka Kampus Baru di Jakarta, inilah Prodi yang Dipersiapkan UNS

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terus memperluas jaringan kampus cabangnya di...

Bangun Personal Branding di Era Digital, Himasos FISIP UNS Gelar Webinar Nasional

UNS --- Kemampuan menulis yang diikuti dengan kemampuan mendesain menjadi bekal yang menguntungkan...

UNS Berangkatkan Satgas Bencana Semeru, ini Misi yang Dibawa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberangkatkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana...

Sah, Dirut PT. Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

UNS --- Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. kembali terpilih sebagai...

Buka Munas V IKA UNS, Rektor UNS: Banggalah jadi Alumni UNS

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Jamal Wiwoho membuka...

Beri Kuliah Umum di FH UNS, Hakim MK: Jangan Pernah Perjualbelikan Hukum

UNS --- Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) RI Prof. Arief Hidayat mewanti-wanti mahasiswa Fakultas...

Kepala Desa Tawangsari, Karanganyar Raih Piala Bergilir MK dalam Lomba Pidato Konstitusi Lurah di UNS

UNS --- Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya di Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya Resmi Ditutup

UNS --- Gelaran Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya yang diinisiasi oleh...

Bahas Kebijakan Fiskal dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, FEB UNS Gelar Webinar

UNS --- Fakultasi Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...

Tim PHP2D FEB UNS dan PKK Desa Gondosuli, Tawangmangu Kreasikan Wortel Jadi Aneka Makanan

UNS --- Wortel merupakan salah satu potensi alam yang dimiliki oleh Desa Gondosuli, Kecamatan...