Intip Cerita Rizki, Mahasiswa SV UNS Lolos IISMA Edisi Vokasi di University of Pécs

by | Des 7, 2022 17:15 | Berita Terkini, Mahasiswa UNS

UNS — Indonesian International Student Mobility Awards Edisi Vokasi (IISMAVO) merupakan program terobosan baru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program IISMAVO bertujuan untuk mendekatkan pendidikan vokasi Indonesia dengan industri internasional. Program ini juga untuk mempersiapkan mahasiswa pendidikan vokasi menghadapi tuntutan dunia industri yang kian mengglobal. 

Peluang ini pun yang coba ditangkap oleh Septiawan Rizki Atseadam, mahasiswa Program Studi (Prodi) D4 Demografi dan Pencatatan Sipil Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. 

Saat diwawancarai pada Selasa (6/12/2022), Rizki bergitu sapaan akrabnya mengatakan sudah memiliki ketertarikan ketika pertama kali melihat program IISMAVO. Karena diakuinya, cukup sulit untuk menemukan beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa diploma, terlebih lagi beasiswa untuk pertukaran pelajar. 

“Namun, ketika di awal tahun 2022 beredar informasi mengenai IISMAVO, dari situ aku tertarik untuk mencoba peluang ini. Mulai saat itulah, aku juga mengumpulkan niat untuk mencari tahu tentang detail beberapa persyaratan yang diperlukan seperti sertifikat bahasa Inggris dan essai. Selain itu, aku juga berusaha aktif mencari informasi terupdate tentang IISMA khususnya IISMAVO ini,” tutur Rizki.

Persiapan yang matang itupun yang menghantarkan Rizki menjadi salah satu awardee IISMAVO 2022. Rizki berkesempatan untuk belajar di University of Pécs pada Faculty of Humanities and Social Sciences dengan jurusan Community Development.

Intip Cerita Rizki, Mahasiswa SV UNS Lolos IISMA Edisi Vokasi di University of Pécs

“Alasan aku memilih University of Pécs ini karena merupakan universitas pertama dan tertua di Hungaria yang berdiri sejak tahun 1367. Selain itu, University of Pécs juga memiliki banyak program yang telah berstandar internasional sehingga sangat ramah, aman, dan tentu nyaman untuk mahasiswa internasional yang ingin menempuh pendidikan di sini dengan bahasa pengantarnya bahasa Inggris,” ujar Rizki.

Lebih lanjut, tak hanya kuliah selama 1 semester secara offline, Rizki juga mengikuti magang dan pernah juga mengikuti kegiatan volunteer.

Momen Life Changing Selama di University of Pécs

“Momen yang paling life changing di sini ialah dari aspek pembelajaran selama kuliah. Di University of Pécs ini aku menemukan new way of learning. Dosen-dosen sangat aktif untuk membangun sesi diskusi dan sangat menghargai pendapat mahasiswa. Seluruh mahasiswa didorong untuk selalu bisa beropini dan menanggapi materi yang disampaikan dosen. Sehingga dengan kata lain, secara tidak langsung kita bisa melatih skill berkomunikasi. Untuk tugaspun sering juga di minta untuk membuat presentasi,” terang Rizki.

Lebih lanjut, selama di sana Rizki juga belajar banyak hal, seperti belajar hidup mandiri dan beradaptasi dengan bahasa, budaya, serta lingkungan yang serba baru, yang mana sangat berbeda dengan Indonesia.

Sementara itu, menurut Rizki bagi mahasiswa SV UNS yang ingin mendaftar IISMAVO tahun 2023 jangan ragu untuk mencoba. Lakukan riset tentang program ini sedalam-dalamnya. Cari informasi secara detail kampus tujuan, jurusan atau mata kuliah yang kalian minati.

“Kemudian jika terkait penulisan essai, kemas dengan baik essai sehingga isi tulisan bisa menggambarkan diri kamu. Bisa juga dihubungkan dengan misi atau tujuan personal kamu dengan visi IISMAVO itu sendiri. Atau dengan kata lain, bagaimana IISMAVO dapat mendukung kamu untuk mencapai tujuan kamu,” jelas Rizki.

Terakhir Rizki pun berpesan untuk jangan pernah takut mencoba sesuatu. “Dulu aku juga pernah mengalami beberapa penolakan. Dari situ aku jadi paham jika kita tidak mencoba sama sekali peluang untuk berhasil adalah 0. Sedangkan jika kita sudah mencoba tentu kita akan memiliki peluang untuk berhasil ataupun gagal. Yangmana intinya kita bisa belajar banyak hal dari selama menjalani prosesnya. Entah hasilnya nanti akan berhasil ataupun gagal. You never know until you try. Good luck!,” tutup Rizki. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Redaktur: Dwi Hastuti

Viral di Tiktok, Aksi Bersih-Bersih Sampah oleh Mahasiswa UNS Tuai Pujian Warganet

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam beasiswa Rumah...

Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Bersama PPII Jateng Selenggarakan Webinar Nasional

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan...

Peringati Hari Gizi Nasional, Rumah Sakit UNS Gelar Talkshow Bahas Stunting

UNS --- Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ialah dengan...

LPM Novum FH UNS Gelar Webinar Bahas Dekadensi Regulasi Perlindungan Anak

UNS – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Novum Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Bagaimana Keikutsertaan Masyarakat dalam Mewujudkan Siaran Berkualitas? Berikut Tanggapan Pakar Hukum UNS

UNS --- Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi semakin berkembang cepat terlebih di era...

FK UNS Jalin Kerja Sama dengan LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah

UNS --- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama...

Koordinasi Kemitraan antara UNS dan SEA Today Bahas Beberapa Kesepakatan

UNS --- Rapat bersama antara Pusat Unggulan Iptek (PUI) Perguruan Tinggi (PT) Center of Fintech...

Prodi S-3 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Luluskan Doktor Baru

UNS — Program Studi (Prodi) S-3 Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)...

Tergabung dalam Dhaharan.id, Mahasiswa UNS Gelar Bakti Sosial di Dua Tempat

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar bakti sosial di...

FEB UNS Jalin Kerja Sama Pengabdian dengan BNI Hong  Kong

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama...