UNS — Kelompok 195 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang ditempatkan di Dukuh Tegalsari, Desa Delanggu, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, menggelar pelatihan desain grafis bagi pemuda/ pemudi setempat.

Pelatihan desain grafis digelar secara daring dan dibagi ke dalam dua batch. Batch pertama pada tanggal 24 Agustus 2021 dan batch kedua pada tanggal 31 Agustus 2021.

Dr. Eng. Kusumaningdyah Nurul Handayani selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 195 KKN UNS, dalam keterangannya menyampaikan, pelatihan desain grafis bagi pemuda/ pemudi setempat didasarkan pada perkembangan zaman yang menuntut generasi muda agar dapat berpikir kreatif, inovatif, dan adaptif.

“Supaya tidak menjadi tertinggal terhadap perkembangan teknologi. Pada masa sekarang seseorang mempunyai kemampuan dan keterampilan desain merupakan sesuatu hal yang memiliki nilai lebih,” ujar Dr. Eng. Kusumaningdyah Nurul Handayani.

Selain itu, pelatihan desain grafis bagi pemuda/ pemudi setempat juga penting sebab sebagian besar kegiatan di era digital ini memerlukan kemampuan desain, seperti untuk mempercantik tampilan hingga untuk kepentingan komersil.

Dalam batch pertama yang digelar pada tanggal 24 Agustus, Kelompok 195 KKN UNS menghadirkan Risma Rusniati sebagai pemateri. Ia mengajari pemuda/ pemudi setempat mengenai layout, pemilihan dan perpaduan warna, jenis-jenis font (typography), teknik pemilihan font, dan masih banyak lagi.

Ia menjelaskan, pada batch pertama, kelompok KKN yang ia bimbing berhasil menggerakkan pemuda/ pemudi setempat secara aktif untuk mengaplikasikan materi yang didapat dari pelatihan dalam perlombaan.

Jawab Kebutuhan Dunia Kreatif, Kelompok 195 KKN UNS Gelar Pelatihan Desain Grafis

“Kemudian, di tanggal 31 Agustus pada batch kedua, kami menghadirkan Tissa Florika, beliau merupakan seorang freelancer photographer, content creator dan graphic designer. Materinya berfokus pada ilustration dan doodle art yang dapat diaplikasikan secara luring,” jelas Dr. Eng. Kusumaningdyah Nurul Handayani.

Pada batch kedua tersebut, Kelompok 195 KKN UNS bersama beberapa pemuda/ pemudi setempat mengaplikasikan kelas desain membuat mural doodle art edukasi Covid-19 di dinding. Tujuannya, agar mereka dapat mengaplikasikan dua ilmu terapan sekaligus selama pelatihan desain.

“Pemuda/ pemudi Dukuh Tegalsari, Desa Delanggu, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten sangat antusias dalam mengikuti pelatihan desain. Setelah pelaksanaan kegiatan tersebut, kemudian terdapat perlombaan pembuatan poster dengan tema edukasi Covid-19,” tambahnya.

Adapun, Kelompok 195 KKN UNS terdiri dari Nugraheni Ramadhona dari Prodi S-1 Pendidikan Ekonomi, Muhammad Arsya Dika Maulana dari Prodi S-1 Ilmu Tanah, Ramadhina Nurdianti dari Prodi S-1 Ilmu Tanah, Firzatulloh Irhab Kautsar dari Prodi S-1 Ilmu Hukum, Prananda Adi Dermawan dari Prodi S-1 Manajemen, dan Angga Zulaiha Nur Hanisa dari Prodi S-1 Manajemen Transfer.

Kemudian, ditambah Naufal Ady Pradana dari Prodi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Risma Rusniati dari Prodi S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Maria Imaculata Sindi Prastiwi dari Prodi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Aulia Rahmawati dari Prodi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Mereka menjalani KKN di Dukuh Tegalsari, Desa Delanggu, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten mulai dari tanggal 1 Agustus hingga 6 September 2021. Humas UNS

Reporter: Yefta Christopherus AS
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...