Mahasiswa UKM Brahmahardhika FKIP UNS Raih Juara 3 Dieng Orienteering Race 2022

Mahasiswa UKM Brahmahardhika FKIP UNS Raih Juara 3 Dieng Orienteering Race 2022

UNS — Prestasi membanggakan di tingkat internasional kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Baru saja, mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Brahmahardhika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS meraih Juara 3 Dieng Orienteering Race 2022. Ia adalah Fatimah Azzahro yang saat ini duduk di semester 4 Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS.

Dieng Orienteering Race yang diselenggarakan oleh Main Outdoor berlangsung di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara pada Jumat—Minggu (27—29/5/2022). Fatimah berhasil mengungguli puluhan peserta yang berasal dari berbagai wilayah dan negara. Saat diwawancarai uns.ac.id pada Sabtu (4/6/2022), Fatimah menceritakan teknis lomba yang diikutinya.

Mahasiswa UKM Brahmahardhika FKIP UNS Raih Juara 3 Dieng Orienteering Race 2022

“Orienteering sendiri ada 2 tipe, yaitu cross event dan score event. Kemarin yang dipakai itu cross event, jadi kita lari sambil bawa peta menggunakan alat bantu kompas. Kita lari mencari titik di peta dan titiknya urut dari angka 1—16, jadi harus menemukan lokasi titik tersebut. Sistem penilaiannya menggunakan waktu tercepat,” jelasnya.

Persiapan yang dilakukan Fatimah dan rekan-rekannya di UKM Brahmahardhika juga tidaklah singkat. Selama sebulan, mereka mengikuti training center.

“Jadi, di Brahmahardhika ada bidang yang membawahi kegiatan seperti ini. Kemarin selama sebulan kami dilatih di TC, baik fisik maupun kemampuan membaca peta dan kemampuan-kemampuan lain yang mendukung lomba seperti kemampuan membaca jalur. Bahkan, makan pun dijaga, engga boleh minum es dan makan pedes, bener-bener 4 sehat 5 sempurna,” imbuhnya.

Mahasiswa UKM Brahmahardhika FKIP UNS Raih Juara 3 Dieng Orienteering Race 2022

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi tersebut mengaku bangga atas pencapaiannya tersebut.

Alhamdulillah bangga, apalagi ini lomba pertama. Padahal pas TC sempat minder karena hasil TC engga sebagus yang lain. Tapi saya terus dimotivasi oleh teman-teman Brahma,” ungkapnya.

Ia berharap agar dapat lebih maksimal lagi ketika latihan dan mendapat hasil yang lebih baik dari event ini.

“Kalau kata senior, jangan puas terlebih dahulu. Masih banyak proses yang dilalui,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content