Mahasiswa UNS

Mahasiswa UNS Buat Buku Panduan Pengelolaan Remitansi pada RT untuk Produktif

By 23 October 2020 No Comments

UNS— Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) membuat buku panduan pengelolaan remitansi pada Rumah Tangga (RT) untuk kegiatan produktif. Berkat karya tersebut, Tim PKM-M UNS ini berhasil lolos didanai Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Tim PKM-M ini terdiri dari mahasiswa lintas fakultas, yaitu Afridah Ikrimah (D4 Demografi dan Pencatatan Sipil), Ilham Bagus Prasetia (D4 Demografi dan Pencatatan Sipil), Beauty Martha Lingga (Prodi Agribisnis), Mohamad Yogananta (Prodi Ekonomi Pembangunan), Faris Achmad Baharudin (Prodi Manajemen) dengan dosen pendambing Dr. Ernoiz Antriyandarti dari Fakultas Pertanian (FP) UNS.

Dalam PKM-M ini, mahasiswa UNS melakukan pengabdian di Desa Mojorejo, Karangmalang, Sragen. Desa ini merupakan salah satu Desa Migran Produktif (Desmigratif) yaitu suatu program unggulan dari Kementerian Ketenagakerjaan yang bertujuan untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan TKI serta keluarganya.

Ketua Tim PKM-M, Afridah Ikrimah mengatakan, alasan memilih desa tersebut karena masyarakat Mojorejo mayoritas bekerja di sektor pertanian dan peternakan. Namun karena pandemi Covid-19 ini, produktivitas masyarakat menjadi berkurang yang berdampak pada menurunnya pendapatan dan daya beli masyarakat di lingkungan sekitar.

Kemudian, lanjut Afridah,
permasalahan yang terjadi di Desmigratif ini adalah pengelolaan remitansi yang kurang baik dan cenderung konsumtif. Salah satu langkah untuk optimasi remitansi di RT adalah dengan melakukan perencanaan keuangan dan berwirausaha.

“Namun, masyarakat belum memiliki pengetahuan yang memadai tentang bagaimana cara melakukan perencanaan keuangan yang baik dan bagaimana cara memulai usaha,” terang Afridah, Jumat (23/10/2020).

Oleh karena itu, Tim PKM-M UNS membuat buku panduan yang berjudul ‘Panduan Pengelolaan Remitansi pada Rumah Tangga untuk Kegiatan Produktif’. Buku ini disusun untuk mendorong dan memotivasi masyarakat untuk melakukan pengelolaan remitansi yang lebih baik. Buku ini memuat tiga materi utama yaitu perencanaan keuangan, kewirausahaan, dan pengelolaan pariwisata berbasis community based tourism.

Pada bagian perencanaan keuangan, buku ini berisi tentang pentingnya perencanaan keuangan, langkah untuk melakukan perencanaan keuangan dan di bagian lampiran buku terdapat tabel-tabel untuk praktik perencanaan keuangan.

Buku ini juga menjelaskan pentingnya kewirausahaan yaitu mulai dari langkah memulai usaha, langkah penyusunan business plan, dan juga digital marketing melalui media sosial. Pada bagian akhir, dijelaskan secara singkat materi tentang Community Based Tourism agar masyarakat setempat dapat memanfaatkan potensi sumber daya lingkungan sebagai objek wisata.

“Buku Panduan Pengelolaan Remitansi pada Rumah Tangga untuk Kegiatan Produktif akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam remittance management. Dengan buku panduan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat dalam hal pengelolaan remitansi sehingga dapat mendorong peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Afridah. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Leave a Reply