Berita TerkiniMahasiswa UNS

Mahasiswa UNS Juara 2 Lomba Video Quarantine Workout Challenge

By 9 January 2021 No Comments

UNS — Kabar gembira kembali datang dari dunia kreatif olahraga Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pasalnya, salah seorang mahasiswanya baru saja mendapatkan Juara 2 dalam pembuatan video olahraga di ajang Quarantine Workout Challenge. Ia adalah Agus Setiyabudi, mahasiswa Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) UNS. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Resimen Mahasiswa (Menwa) Maranatha Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan waktu di rumah saja dengan melakukan kegiatan positif. Selain itu, dapat juga membentuk kebiasaan hidup sehat masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa aktif sebagai generasi muda penerus bangsa.

“Olahraga dapat meningkatkan daya tahan  tubuh di tengah pendemi Covid-19. Di samping itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian mahasiswa dalam melawan Covid-19 melalui workout #DiRumahAja. Selain membuat video, kami sebagai peserta juga diharuskan untuk mengedit video sekreatif mungkin disertai dengan caption yang unik dan menarik,” tutur Agus pada Jumat (8/1/2021).

Lomba ini diawali dengan tahap pendaftaran pada tanggal 10 Agustus 2020. Selanjutnya, pengumuman pemenangnya dilakukan pada tanggal 18 Agustus 2020 melalui instagram @menwamaranatha.

“Video yang saya buat durasinya 3 menit 19 detik. Saya memeragakan gerakan Tabata Workout, di antaranya Push Up, Push Up Plank, Push Up and Rotation, Jumping Jack, Dynamic Lunges, Side Lunges, Lunges With Kick, Split Jump, Plank Jack, Spider Crawl, Russian Twist, dan Bicycle Crunch,” terangnya.

Di samping keberhasilan yang telah dia peroleh, terdapat juga kendala ketika membuat karya video ini.
“Dalam pembuatan video workout ini kendala yang dialami salah satunya harus retake video berulang kali dikarenakan saat pengambilan video tiba-tiba ada orang melintas atau kurang maksimal dalam melakukan gerakannya jadi harus di ulangi lagi,” imbuh Agus.

Di masa pendemi seperti saat ini, imun harus terus terjaga supaya bisa kuat untuk melawan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Salah satu hal yang harus dilakukan yaitu berolahraga secara rutin. Hal ini menjadi motivasi bagi Agus untuk membuat model gerakan workout dalam video yang dia ikut sertakan dalam lomba.

“Semoga masyarakat tidak malas untuk berolahraga, apalagi di masa pendemi seperti sekarang ini. Olahraga di rumah sudah cukup, tidak perlu berkeliling di lingkungan rumah,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply