Berita TerkiniMahasiswa UNS

Mahasiswa UNS Peduli Kucing di Kampus saat Pandemi

By 21 September 2020 No Comments

UNS — Adanya pembatasan aktivitas akademik di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta juga berdampak bagi kelangsungan hidup kucing-kucing yang ada di area kampus. Pada kondisi ini, kucing-kucing di UNS kelaparan karena tidak lagi memperoleh makan dari para warga kampus yang dengan sukarela memberi ataupun makan sisa makanan di kantin kampus seperti biasanya.

Melihat hal tersebut, sejak April 2020 lalu sejumlah mahasiswa UNS berinisiatif untuk menggalang dana dan mendistribusikan makanan bagi kucing UNS yang diletakkan di beberapa titik. Tidak hanya di kampus pusat Kentingan, tetapi juga di kampus wilayah seperti Kampus Kleco, Kampus Pabelan, Sekolah Vokasi, dan sebagainya.

“Kami prihatin, sumber makanan untuk mereka menjadi sangat sedikit bahkan tidak ada karena mahasiswa diharuskan kuliah daring dan kebanyakan kantin di kampus tutup,” ungkap Agus selaku Koordinator gerakan, Minggu (20/9/2020).

Agus pun menjelaskan, penggalangan dana dilakukan melalui penyebaran informasi di akun resmi @kucinguns, WhatsApp serta Facebook.

Sementara untuk pendistribusian makanan, Agus dan tim melakukannya tiga hari sekali dengan mengisi ulang dispenser pakan yang di awal gerakan telah mereka sediakan.

“Ini kami sediakan wadah pakan kucing yang dapat bertahan cukup lama, sehingga kita dapat memberi makan secara berkala. Dan tentunya, agar kualitas pakan kucing tetap baik,” imbuh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ini.

Selain makanan, imbuh Agus, kebutuhan lain dari kucing di UNS yang paling sering ialah pengobatan yaitu mulai dari scabies hingga diare.

Akhirnya, ia dan tim mengupayakan pertolongan pertama dan membawanya ke dokter hewan yang dibiayai dengan hasil penggalangan dana.

Hingga saat ini, penggalangan dana untuk kucing UNS sendiri telah dilakukan sebanyak empat kali. Di mana penggalangan dana perdana di awal April memperoleh antusiasme luar biasa dengan dana yang berhasil dikumpulkan mencapai lebih dari Rp. 4 Juta.

Tidak hanya antusiasme yang berdonasi, para relawan gerakan ini pun kian bertambah.
“Awalnya kita tidak lebih dari sepuluh orang. Alhamdulillah saat ini ada 34 relawan yang tergabung,” ujar Agus.

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut perihal gerakan sosial ini dan ingin membantu, dapat mengunjungi akun instagram resminya di @kucinguns. Humas UNS

Reporter: Kaffa Hidayati
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply