UNS — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali meraih prestasi di kancah nasional. Kali ini, capaian membanggakan ditorehkan oleh Arina Dinal Haque dan M. Maulana Khasani. Mereka menyabet Juara 1 Lomba Video Promosi Kesehatan Masyarakat yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kebidanan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Yogyakarta.

Arina merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) D-4 Kebidanan Fakultas Kedokteran (FK) UNS. Sedangkan Maulana, atau biasa disapa Alan, merupakan mahasiswa Prodi Peternakan Fakultas Pertanian (FP) UNS. Lomba ini mengambil tema besar yakni “Be an Impactful Midwife”. Arina dan Alan memilih sub tema “Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat (Germas)” dalam video yang mereka buat.

Konten yang mereka sajikan dalam video tersebut berkaitan dengan tips hidup sehat. Arina dan Alan menyampaikan setidaknya ada tujuh langkah Germas. Pertama, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga 30 menit setiap harinya. Kedua, mengonsumsi buah dan sayur sehingga memperlancar metabolisme dalam tubuh serta menurunkan risiko Penyakit Tidak Menular (PTM). Ketiga, tidak merokok karena dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan diri maupun orang sekitar. Keempat, tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Kelima, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala. Keenam, menjaga kebersihan lingkungan. Terakhir, penggunaan jamban sebagai upaya pencegahan berkembangnya penyakit.

Ketujuh langkah Germas yang disampaikan bertujuan untuk membudayakan masyarakat Indonesia agar mempraktikkan hidup bersih dan sehat. Selain itu, mereka ingin adanya upaya pencegahan terjadinya PTM.

“Kita memilih Germas karena budaya hidup sehat di Indonesia itu masih kurang implementasinya di masyarakat. Nah karena kurangnya budaya hidup sehat yang ada di Indonesia, itu mengakibatkan risiko penyakit tidak menular di Indonesia masih menjadi sorotan di bidang kesehatan, penyakit tidak menular itu contohnya ada seperti diabetes, obesitas, kanker, penyakit jantung,” terang Arina kepada uns.ac.id, Rabu (14/9/2022).

Arina menjelaskan, dalam proses pembuatan video ini memakan waktu kurang lebih satu minggu. Keikutsertaan mereka dalam lomba ini adalah sebagai ajang Arina dan Alan untuk menggali pengalaman. Ini karena tema perlombaan yang juga sesuai dengan bidang ilmu yang diikuti salah satu mahasiswa UNS tersebut, yakni Arina. Lebih lanjut, perlombaan ini mereka ikuti untuk memeriahkan Hari Bidan Nasional ke-71.

mahasiswa-uns-juara-lomba-video-promosi.jpg

Mereka mengaku senang atas raihan prestasi tersebut. Arina juga tidak menyangka akan hasil yang didapat mengingat ini merupakan lomba video promosi kesehatan pertamanya.

“Yang pasti senang. Dapat juara satu itu juga nggak nyangka. Padahal itu juga termasuk lomba video promosi kesehatan pertamaku. Alhamdulillah bisa dapat juara satu,” ujar Arina.

Sebagai mahasiswa Kebidanan, video promosi kesehatan masyarakat semacam ini Arina nilai sebagai cara yang tepat untuk menyebarkan pemahaman kepada masyarakat. Pemanfaatan teknologi dan digitalisasi akan mampu menjangkau lebih banyak orang untuk teredukasi.

“Harapannya dengan orang-orang menonton video ini jadi sadar betapa pentingnya budaya hidup sehat, dan ternyata hidup sehat itu juga nggak harus ribet ataupun butuh biaya yang mahal,” kata Arina. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Redaktur: Dwi Hastuti

Peringati Hari Tani, Tim PPK Ormawa HM Pelita UNS Gelar Sehati di Gentungan, Karanganyar

UNS --- Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa...

Tim PKM-RE UNS Deteksi Milk Protein Allergen melalui Karakterisasi Gen CSN2

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung di dalam tim Program...

Pemilihan Rektor UNS Masa Bakti 2023-2028 Dimulai, ini Harapan Prof. Jamal Wiwoho

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Masa Bakti 2019-2023, Prof. Jamal Wiwoho,...

Resmi, UNS Launching Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi me-launching Panitia Penjaringan dan...

Riset Grup FISIP UNS Gelar Pelatihan Branding dan Marketing untuk UMKM Kedai Kopi di Solo

UNS --- Riset Grup (RG) pengabdian masyarakat Komunikasi Strategis, Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim PKM-RSH UNS Teliti Strategi Baru Penanganan Temper Tantrum pada Anak Autis

UNS --- Sejumlah  mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...

Tim PKM-RE UNS Mengembangkan Material Teragnostik untuk Penyakit Kanker dari Limbah Ampas Kopi

UNS --- Sejumlah  mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...

UPT KLI UNS Inisiasi Kerja Sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia

UNS --- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerja sama dan Layanan Internasional (KLI) Universitas Sebelas...

Mahasiswa FKIP UNS Sukses Raih Juara 2 Lomba Tepat Cepat Tingkat Nasional

UNS --- Rizki Wahyu Perdana, seorang mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi Fakultas...

Tim PKM-K FKIP UNS Luncurkan Produk Tas Multikapasitas Berbasis Edukasi

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...