UNS — Prestasi membanggakan dicetak oleh pesilat Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Khoirudin Mustakim. Mahasiswa Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS tersebut berhasil meraih medali perak di ajang Sea Games 31.

Hasil tersebut diraih oleh mahasiswa yang akrab disapa Mustakim ini pada final pencak silat kelas B berat 50—55 kg. Pada final tersebut, Mustakim kalah tipis dari pesilat Malaysia dengan skor akhir 49-50.

Mustakim bersyukur dengan raihan medali perak ini. Namun, dia mengaku masih belum puas dengan hasil yang dia dapat.

“Dari hasil itu saya syukuri. Mungkin memang belum rezeki saya di emas. Tapi ya ada kekecewaan karena saya sudah unggul tapi melakukan kesalahan. Saya belum puas untuk hasil ini. Semoga di kejuaraan selanjutnya bisa memberikan yang lebih baik,” ujarnya.

Saat final melawan pesilat Malaysia, Mustakim sempat unggul di babak pertama dan kedua. Pada babak penentuan, babak ketiga, Mustakim juga sempat unggul 9 poin. Namun, ada kesalahan yang dia lakukan sehingga poin miliknya dikurangi. Hingga detik terakhir, Mustakim telah mengupayakan segala tenagaPesilnya, tetapi poin Mustakim masih selisih satu dengan pesilat Malaysia.

“Awal mula poin saya unggul 9 karena kena potongan 10 itu jadi poinnya terbalik, saya tertinggal satu poin. Di situ saya mau kejar poin, tapi dari pesilat Malaysia melakukan penundaan dengan cara mengulur waktu. Saya serang, dia ke luar arena permainan. Itu terjadi dua kali. Hingga waktu habis, tetap begitu poinnya,” jelas Mustakim.

Kendati demikian, Mustakim tetap bersyukur atas raihannya. Pada Sea Games 2019 di Filipina, Mustakim juga mempersembahkan medali perak untuk Indonesia.

Persiapan Selama Lima Bulan

Perjalanan Mustakim hingga terpilih memperkuat tim pencak silat Indonesia di Sea Games 31 cukup panjang. Pada 2021 lalu Mustakim menyabet emas di PON XX Papua. Menjadi juara PON tidak lantas menjadikan Mustakim menjadi wakil Indonesia. Mahasiswa asal Kabupaten Klaten ini harus mengikuti seleksi khusus dengan atlet nasional lainnya.

Pada seleksi khusus yang digelar pada Desember 2021, Mustakim menang dan akhirnya dipilih sebagai wakil Indonesia di Sea Games 2021. Setelah terpilih, Mustakim menjalani pemusatan latihan di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta. Dia melakukan karantina selama lima bulan sebelum bertanding di Vietnam.

“Sebelum jadi tim Sea Games ada seleksi antara atlet nasional 2021 dan atlet juara PON. Ada seleksi lagi. Nggak setelah PON langsung ikut Sea Games gitu. Carinya yang terbaik dari yang terbaik,” imbuhnya.

Saat ini Mustakim sedang mempersiakan diri untuk mengikuti kejuaraan dunia pencak silat yang rencananya akan diadakan di Malaysia pertengahan tahun ini. Selain itu, dia juga fokus mempersiapkan Sea Games 2023 di Kamboja.

Mahasiswa angkatan 2018 ini berharap supaya dirinya bisa mendapat hasil maksimal di dua kejuaraan tersebut. Hal itu akan menjadi kado indah bagi universitas tercinta.

“Ke depannya saya mempersiapkan Sea Games Kamboja di 2023 dan mempersiapkan kejuaraan dunia di Malaysia karena tiga bulan lagi ada World Championship di Malaysia. Yang saya siapkan di kejuaraan dunia itu dulu karena paling dekat,” ujar Mustakim.

Pesilat UNS Raih Medali Perak di Sea Games 31

Selamat, Mustakim! Semoga kejuaran-kejuaraan selanjutnya konsisten dapat mempersembahkan medali untuk Indonesia. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Unit Kemahasiswaan FKIP UNS Gelar Lokakarya Kewirausahaan

UNS --- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dosen FKIP UNS Dampingi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM untuk Guru IPA Kabupaten Karanganyar

UNS --- Dosen Program Studi (Prodi) S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan...

Cerita Qanita, Mahasiswi FP UNS yang Memilih Terjun Dunia Balap Rally

UNS --- Dunia balap, biasanya identik dengan laki-laki. Namun, siapa sangka bahwa Mahasiswi...

Membanggakan! Mahasiswi UNS Torehkan Prestasi pada Ajang Balap Rally

UNS --- Prestasi membanggakan dalam ajang balap rally berhasil ditorehkan oleh mahasiswi...

Seminar Nasional Prodi S-3 PBI FKIP UNS Bahas Pembelajaran Bahasa Pascapandemi

UNS --- Program Studi (Prodi) doktoral (S-3) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Keguruan...

UNS Raih 2 Penghargaan IKU dari Kemendikbudristek

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih dua penghargaan sekaligus dari...

Kuliah Pakar Prodi Magister dan Doktor PPPM UNS Hadirkan Pemateri dari IBA Karachi, Pakistan

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister dan Doktor Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat...

Teknik Sipil UNS Raih Akreditasi Unggul oleh LAM Teknik

UNS --- Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

DWP UNS Gelar Khitanan Massal Diikuti 110 Peserta

UNS --- Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta,...

Peresmian Renovasi Gedung TK Widya Putra DWP UNS Dibarengi Pelepasan Peserta Didik

UNS --- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...