UNS — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Informasi dan Konseling Remaja Cakra (PIK-R Cakra) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta baru saja mengadakan pelatihan pendidik sebaya. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu-Minggu (1-2/5/2021) ini diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

UKM PIK-R Cakra UNS menghadirkan dua orang narasumber, yaitu drg. Widwiono, M.Kes. Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Tengah dan Achmad Yani yang merupakan Duta Genre Influencer Jawa Tengah 2020.

Dalam materinya, drg. Widwiono  menyampaikan mengenai kebijakan dan strategi program prioritas nasional Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja  (PKBR). Ia menjelaskan bahwa salah satu tantangan keluarga di era 4.0 antara lain kesibukan orang tua, pesatnya teknologi, menurunnya norma sosial dan agama, hingga penyerahan pendidikan sepenuhnya kepada guru.

“Pemerintah dalam Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 pasal 47 menetapkan bahwa kebijakan pembangunan keluarga dilakukan melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Kebijakan ini dimaksudkan untuk mendukung keluarga agar melaksanakan fungsinya secara optimal,” jelasnya saat memaparkan materi.

Selain itu, ia juga memaparkan beberapa pendekatan program tersebut melalui siklus hidup yang dimulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan Lansia. Pembangunan keluarga dapat dilakukan melalui Bina Keluarga Balita (BKB), Generasi Berencana (Genre), Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), dan Bina Keluarga Lanjut usia (BKL).

“Melalui BKL diharapkan dapat membangun ketahanan keluarga Balita dan anak serta dapat memenuhi hak tumbuh kembang anak. Lalu peran Genre salah satunya membangun kualitas remaja dalam menyiapkan kehidupan berkeluarga. Berikutnya, UPPKS berperan dalam memberdayakan ekonomi keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan. Terakhir, BKL dapat berperan meningkatkan kualitas Lansia dan pemberdayaan keluarga rentan,” terangnya.

drg. Widwiono menjelaskan bahwa hasil yang diharapkan melalui program Genre-BKR dapat mewujudkan remaja menjadi generasi emas.

“Outputnya adalah pendidikan setinggi mungkin, pekerjaan kompetitif, menikah terencana, aktif dalam kehidupan masyarakat, dan pola hidup sehat sehari-hari,” jelasnya.

Sementara itu, pemateri berikutnya yakni Achmad Yani membahas tentang kontribusi pendidik sebaya dalam mencetak generasi berencana. Duta Genre Jawa Tengah tersebut menjelaskan bahwa pendidik sebaya merupakan orang yang menjadi narasumber bagi kelompok sebayanya.

“Pendidik sebaya diperlukan karena seseorang akan lebih mudah untuk mengemukakan pikiran dan perasaannya di hadapan  pendidik sebayanya. Ketika menjadi pendidik sebaya juga harus memperhatikan beberapa hal antara lain menguasai materi dan metode, melakukan perencanaan, mengenali peserta, menggunakan media menarik, penyampaian sistematis, dan memperhatikan penampilan,” terang Achmad Yani. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Saran Ahli Gizi RS UNS Soal BTS Meal: Batasi Asupannya dan Tidak Dikonsumsi Berlebihan

UNS --- BTS Meal yang merupakan menu anyar hasil kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan...

Analisis Pakar Advertising UNS Terkait Hebohnya Pembelian BTS Meal yang Timbulkan Kerumunan di Berbagai Kota

UNS --- BTS Meal yang merupakan menu kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan cepat saji...

Rembug.in #6 Semesta UNS: Yuk, Ketahui Cara Jitu Membangun Branding dan Marketing Startup

UNS --- Talk show Rembug.in yang digelar oleh Innovation Hub (I-Hub) Direktorat Inovasi dan...

Rintis MAKOSTA, Mahasiswa UNS Hadirkan Masker Khusus Anak-anak

UNS --- Sejumlah mahasiswa Administrasi Negara (AN) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)...

Mahasiswa Arsitektur UNS Boyong Dua Gelar Juara di UGM

UNS --- Torehan prestasi di tingkat nasional kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas...

Pusdemtanas UNS: Pentingnya Perlindungan Hukum bagi Tenaga Medis dalam Penanganan Pasien Covid-19

UNS --- Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan...

Alumni Jerman dan Austria di UNS Gelar Halalbihalal

UNS --- Para dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang merupakan alumni universitas di...

Lagi-lagi Raih Prestasi, Mahasiswa FISIP UNS Sabet Juara Broadcasting Competition 2021 Nuskara EO UNY

UNS --- Mahasiswa asal Program Studi (Prodi) S-1 Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan...

Keren, Mahasiswa UNS Juara 1 Lomba Poster Internasional

UNS --- Kabar gembira datang dari mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret...

Pakar Linguistik UNS Paparkan Studi Kasus Linguistik Forensik dalam Proses Persidangan Pidana

UNS --- Perkembangan cabang ilmu linguistik interdisipliner yang semakin luas mampu memberikan...