UNS — Poster publik karya tim Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mendapat predikat juara 1 dalam ajang This is Our Care (TOC) 2021. Prestasi membanggakan ini diraih oleh Aninda Nuzullatifah, Dea Novita Ifanka Putri Fachilla, Amelia Fajrin. Mereka adalah mahasiswa Program Studi (Prodi) D-4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sekolah Vokasi (SV) UNS.

TOC 2021 sendiri digagas oleh mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran (Unpad) dengan mengusung tema besar “Nutrismart: Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Anak dengan Intervensi Kolaboratif Guna Menghasilkan Generasi Cerdas Indonesia Emas 2045”. Serta dalam kompetisi ini, Tim UNS mengambil subtema “Inovasi Pemberian Nutrisi Tambahan / Makanan Pendamping Asi (MPASI) Pada Masa Kehidupan Emas / Golden Age Guna Mengoptimalkan Kecerdasan Anak”.

Poster publik karya Tim UNS ini berjudul “KURAJIN : Nutrisi Sehat Bebas Gluten dan Kasein dalam Mengoptimalkan Pemenuhan Gizi dan Tumbuh Kembang Anak Penyandang Autism Spectrum Disorder (ASD)”. Mereka menyoroti permasalahan terkait kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pemenuhan gizi anak penderita Autism Spectrum Disorder (ASD).  Anak dengan ASD sendiri memiliki perbedaan metabolisme tubuh dimana mereka tidak diperbolehkan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung gluten dan kasein.

“Di poster ini kami memberikan sebuah inovasi yaitu KURAJIN (Biskuit Tepung Beras dan Air Tajin) sebagai solusi tepat atas permasalahan tersebut. KURAJIN merupakan sebuah inovasi nutrisi sehat berupa makanan pendamping/selingan berbahan dasar beras yang mudah terjangkau, bebas gluten, dan bebas Kasein,” terang Dea kepada uns.ac.id, Rabu (1/12/2021).

Lebih lanjut Dea menjelaskan bahwa ini merupakan makanan pendamping yang bergizi dan baik bagi tumbuh kembang anak, terutama untuk anak penyandang autisme, tanpa memperparah kondisi anak tersebut.

Menjadi juara 1 dalam sebuah kompetisi bukan hal yang mudah. Pencarian ide menjadi tantangan tersendiri bagi Tim UNS dalam menyusun poster publik ini. Perbedaan ilmu yang dipelajari menjadi hal yang melatarbelakangi tantangan tersebut. Dea juga menuturkan subtema edukasi mengenai pemenuhan gizi untuk anak autisme masih jarang sekali diangkat kepada masyarakat. Hal ini pun tentunya menjadi tantangan lain bagi Tim UNS dalam penyusunan poster publik.

Setelah diumumkan sebagai pemenang, mereka mengaku senang dan penuh syukur. Ucapan terima kasih diberikan kepada rekan dan sivitas akademika Prodi D-4 K3 UNS yang telah mendukung kesuksesan ini.

“Dengan adanya inovasi yang dikomunikasikan dalam poster ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat bahwa yang biasanya beras hanya diolah menjadi nasi atau bubur, dengan inovasi ini pengolahan beras menjadi lebih bervariasi,” harap Dea.

Dea menambahkan, poster publik ini juga diharapkan dapat mewujudkan sebuah kesetaraan bagi anak dengan autisme dimana mereka pun dapat mengonsumsi biskuit seperti anak pada umumnya dengan bebas gluten, dan air tajin sebagai pengganti susu yang tidak kalah kebermanfaatannya. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

UPPJ LPPM UNS Siapkan 10 Jurnal UNS agar Terindeks DOAJ

UNS --- Sepuluh jurnal milik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah disiapkan untuk...

Pakar Bahasa UNS Tanggapi Fenomena Trilingual di Media Sosial

UNS --- Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan penggunaan trilingual atau multilingual. Hal...

Kemendes PDTT Secara Simbolis Lepas Mahasiswa Peserta KKN Tematik UNS Membangun Desa

UNS --- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik...

Pusat Studi Difabilitas UNS Adakan Diskusi Angkat Tema Riset Berperspektif Disabilitas

UNS --- Isu disabilitas kian diperhatikan berbagai pihak di Indonesia. Universitas Sebelas Maret...

Pusdemtanas UNS Gelar Seminar Standar Hukum Pelaksanaan Vaksinasi Wabah Penyakit

UNS --- Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan...

Pemkab Purworejo Terima Mahasiswa KKN Tematik Membangun Desa MBKM UNS

UNS --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menerima secara langsung mahasiswa Kuliah Kerja...

KKN Tematik UNS Membangun Desa Diikuti 1.492 Mahasiswa, Rektor UNS: Menjadi Esensi Sekaligus Mandat bagi Mahasiswa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas 1.492 mahasiswa peserta Kuliah Kerja...

Kuatkan Ekosistem Pembayaran Digital, UNS Teken Kerja Sama dengan LinkAja

UNS --- Pandemi Covid-19 memaksa semua pihak untuk mengubah pola kehidupan ke arah digital. Hal...

Fokus Inventarisasi Data Prestasi Mahasiswa, DRAK UNS Gandeng UPT Humas dan Media

UNS --- Dari tahun ke tahun prestasi mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kian...

Merpati Putih UNS Borong 6 Juara dalam Bandung Lautan Api Championship 3

UNS --- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Merpati Putih Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...