UNS — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta raih juara 3 dalam ajang Equilibrium Science Fair (ESF) 2021 yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Udayana (Unud). Mereka adalah mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) angkatan 2019 yang terdiri dari Muhammad Zidni Subarkah, Berlyana Ayu Prasasti, dan Eni Sawitri Setianingsih. Prestasi tersebut diumumkan melalui akun Instagram Equilibrium Science Fair 2021, Rabu (11/8/2021).

Prestasi ini mereka dapatkan atas keikutsertaan pada kategori lomba Equilibrium Science Research Competition (ESRC). ESRC berupa perlombaan karya tulis ilmiah tingkat nasional yang mengusung tema “Optimalisasi Potensi Generasi Muda Sebagai Agen Perubahan Menuju Era Society 5.0”. ESRC hadir sebagai wadah dalam menciptakan generasi muda yang peka terhadap perkembangan di sekitarnya sehingga dapat menciptakan ide-ide kreatif yang mampu menjadi solusi dalam pembangunan berkelanjutan.

Karya tulis ilmiah yang disusun ini membahas tentang pengelolaan sampah di Jawa Barat berdasarkan faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan adalah analisis Statistika Spasial yaitu Geographically Weighted Regression.

Ketika dihubungi tim uns.ac.id, Muhammad Zidni Subarkah selaku ketua tim menjelaskan bahwa hasil estimasi tersebut mereka jadikan sebagai dasar dalam pembuatan platform OPLAS guna pengoptimalan sampah sehingga dapat meningkatkan perekonomian yang ada di Jawa Barat.

“Adapun konsep awal dari KTI kami divisualisakan dalam bentuk platform sehingga nantinya dapat mudah untuk diakses oleh semua lapisan masyarakat,” terang Muhammad Zidni Subarkah, Jumat (20/8/2021).

Rancang Platform Pengolahan Sampah, Mahasiswa FMIPA UNS Raih Juara 3 pada ESF 2021 Unud

Hal yang melatarbelakangi penyusunan Karya tulis ilmiah tersebut adalah jumlah timbulan sampah di Jawa Barat yang sangat tinggi, yaitu 27.000 ton perhari. Dimana 40% dari jumlah tersebut belum dapat tertangani dengan baik.

Oleh karena itu, mereka menggagas suatu model estimasi produksi sampah dengan metode Geographically Weighted Regression (GWR), yang diaplikasikan dalam bentuk platform digital. Tujuannya agar optimalisasi sampah dapat meningkatkan perekonomian Indonesia khususnya di Jawa Barat.

Muhammad Zidni Subarkah mewakili timnya mengaku senang atas prestasi yang diraih. Hasil ini tidak terlepas dari peran Niswatul Qona’ah, S.Si., M.Stat., selaku dosen pembimbing mereka. Ungkapan terima kasih mereka sampaikan juga kepada orang tua dan program studi statistika yang senantiasa memberi dukungan untuk terus berkarya.

Alhamdulillah senang dan tidak menyangka, karena persiapan lomba ini bisa dibilang kaya tahu bulat, serba dadakan gitu, tapi Alhamdulillah bisa mendapatkan juara,” tutur Muhammad Zidni Subarkah.

Suksesnya perancangan platform ini melahirkan harapan untuk kebermanfaatan pada masa mendatang.  Pengembangan-pengembangan lain yang lebih baik serta peluang realisasi rancangan ini sangat ditunggu sehingga dapat dijadikan rekomendasi bagi masyarakat maupun pemerintah. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...