UNS — Teater Program Studi (Prodi) Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta atau dikenal dengan Teater Oase kembali menggelar pentas besar secara luring di Teater Arena, Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) pada Rabu (24/11/2021). Pentas besar kedelapan ini terinspirasi dari karya sastra Arab Saudi berupa prosa yang berjudul HWJN karangan Ibrahim Abbas. Prosa tersebut dipentaskan dalam bentuk drama teater dengan judul yang sama, yaitu HWJN, Kala Lengkara Dihempas Ego dan Cinta.

Pementasan dimulai pada pukul 19.30 WIB. Antusiasme penonton sangat tinggi terbukti dari banyaknya penonton yang sudah menyesaki antrian loket pembelian tiket sejak pukul 18.30 WIB. Bahkan hingga beberapa menit setelah pementasan dimulai, beberapa orang masih mengharapkan ketersediaan kuota penonton. Meskipun demikian, pementasan Teater Oase tetap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang diajurkan.

Bergenre horror romace, HWJN, Kala Lengkara Dihempas Ego dan Cinta menceritakan kisah asmara antara jin dan manusia, yaitu Hawjan sebagai jin dan Sawsan sebagai manusia. Selama pertunjukan, kisah keduanya mampu membius para penonton. Penonton tidak henti-hentinya dibuat terkesima dengan akting para pemain, kostum, dan suasana yang dibangun. Bahkan tak tanggung-tanggung, panitia juga memanfaatkan aroma kemenyan untuk menghadirkan suasana mencekam.

Berlangsung selama dua jam dan dibagi dalam 4 babak, pementasan HWJN, Kala Lengkara Dihempas Ego dan Cinta memberikan kelegaan baik bagi para penonton maupun pemeran yang terlibat. Bagi para penonton, pementasan ini mengobati kerinduan menonton teater secara luring. Sebab, selama masa pandemi pementasan teater biasanya digelar secara daring. Sementara bagi para pemeran yang terlibat, mereka merasakan kelegaan yang luar biasa setelah dua bulan mempersiapkan pementasan ini.

“Lega banget sih. Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan penontonnya juga di luar ekspektasi. Semua proses yang sudah dilalui terbayar di malam ini,” ujar Ilham, mahasiswa Sastra Arab UNS yang berperan sabagai Hattan di pementasan HWJN.

Teater Oase Gelar Pentas Besar HWJN, Kala Lengkara Dihempas Ego dan Cinta

Ilham mengaku bahwa keterlibatannya dalam pentas besar Teater Oase memberikan kesan yang dalam. Ia menikmati semua proses yang telah dilaluinya bersama dengan tim Teater Oase dan alumni Sastra Arab UNS yang senantiasa membersamai. Untuk penampilan perdananya di pertunjukkan teater, Ilham mengaku tidak kapok dan merasa ketagihan ingin kembali terlibat dalam pentas teater.

Selain Ilham, beberapa mahasiswa Sastra Arab UNS juga terlibat sebagai aktor di pementasan HWJN, Kala Lengkara Dihempas Ego dan Cinta. Mereka di antaranya Brili, Ucha, Yudha, Salsa, Adil, Zidan, Daffa dan Ali. Para aktor tersebut terus berproses untuk mempersiapkan pertunjukan HWJN bersama Rafi sebagai sutradara dan Noval sebagai asisten sutradara.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi kami bisa menampilkan suatu karya yang bisa membekas di hati para penonton semuanya,” ujar Rafi.

Sebagai sutradara pementasan teater HWJN, Kala Lengkara Dihempas Ego dan Cinta, Rafi berharap agar Teater Oase senantiasa berkarya dengan menampilkan pertunjukan teater yang mengangkat karya sastra Timur Tengah.

Harapan serupa juga disampaikan oleh Noval, mahasiswa Sastra Arab UNS yang bertindak sebagai asisten sutradara di pementasan teater malam itu.

“Harapannya semoga antusiasme dan euforia penonton yang luar biasa ini bisa menjadi motivasi bagi Teater Oase untuk menghasilkan karya yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Noval.

Teater Oase Gelar Pentas Besar HWJN, Kala Lengkara Dihempas Ego dan Cinta

Riuh tepuk tangan penonton yang menggema di Teater Arena menandai berakhirnya pentas besar Teater Oase berjudul HWJN, Kala Lengkara Dihempas Ego dan Cinta. Humas UNS

Reporter: Alinda Hardiantoro
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

4
1

UPPJ LPPM UNS Siapkan 10 Jurnal UNS agar Terindeks DOAJ

UNS --- Sepuluh jurnal milik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah disiapkan untuk...

Pakar Bahasa UNS Tanggapi Fenomena Trilingual di Media Sosial

UNS --- Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan penggunaan trilingual atau multilingual. Hal...

Kemendes PDTT Secara Simbolis Lepas Mahasiswa Peserta KKN Tematik UNS Membangun Desa

UNS --- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik...

Pusat Studi Difabilitas UNS Adakan Diskusi Angkat Tema Riset Berperspektif Disabilitas

UNS --- Isu disabilitas kian diperhatikan berbagai pihak di Indonesia. Universitas Sebelas Maret...

Pusdemtanas UNS Gelar Seminar Standar Hukum Pelaksanaan Vaksinasi Wabah Penyakit

UNS --- Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan...

Pemkab Purworejo Terima Mahasiswa KKN Tematik Membangun Desa MBKM UNS

UNS --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menerima secara langsung mahasiswa Kuliah Kerja...

KKN Tematik UNS Membangun Desa Diikuti 1.492 Mahasiswa, Rektor UNS: Menjadi Esensi Sekaligus Mandat bagi Mahasiswa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas 1.492 mahasiswa peserta Kuliah Kerja...

Kuatkan Ekosistem Pembayaran Digital, UNS Teken Kerja Sama dengan LinkAja

UNS --- Pandemi Covid-19 memaksa semua pihak untuk mengubah pola kehidupan ke arah digital. Hal...

Fokus Inventarisasi Data Prestasi Mahasiswa, DRAK UNS Gandeng UPT Humas dan Media

UNS --- Dari tahun ke tahun prestasi mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kian...

Merpati Putih UNS Borong 6 Juara dalam Bandung Lautan Api Championship 3

UNS --- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Merpati Putih Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...