UNS — Mahasiswa Universistas Sebelas Maret (UNS) Surakarta raih juara 3 nasional Ar-Razi Competition (ARC) 2021 pada kategori lomba poster publik. Torehan prestasi ini didapat dari upaya mereka mengedukasi para orang tua terkait tindakan tepat ketika menjalani isolasi mandiri karena terkena Covid-19. Tim ini beranggotakan tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Kedokteran angkatan 2019 Fakultas Kedokteran (FK) UNS. Mereka adalah An’nurihza Zidhan Azhara, Aliya Naziha, dan Aisyah Jauza Adiba Indi.

Dalam kategori lomba poster publik ini, mereka mengambil sub tema “Tindakan Preventif, Promotif, Kuratif, dan Rehabilitatif Dalam Meminimalisir Penyakit Penyakit Pediatric”. Menurut An’nurihza, pemilihan topik dan sub tema menjadi tantangan tersendiri. Melalui proses diskusi, mereka berusaha untuk cermat dan teliti terhadap setiap gagasan yang disampaikan.

Mereka mengambil judul “Tetap Aman Isolasi Mandiri Anak Bersama SAHABAT”. Judul poster publik ini dipilih karena Covid-19 masih menjadi fokus utama bagi semua pihak, terutama ketika mengenai anak-anak. Tidak seperti orang dewasa yang sudah bisa mengenal seperti apa Covid-19, anak-anak belum banyak mengerti tentang Covid-19 dan cara mencegahnya. Terlebih lagi apabila anak-anak yang terkena Covid-19 dan perlu diisolasi. Anak-anak belum bisa mandiri melakukan aktivitasnya di ruang isolasi seperti halnya orang dewasa.

“Poster ini memang kami buat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering terlintas di benak kita maupun orang tua saat ini ‘kalau anak-anak yang isoman bagaimana caranya?’. Oleh karena itu, kami membuat poster yang kami tujukan kepada orang tua tentang cara merawat anak-anak,” tutur An’nurihza kepada uns.ac.id, Minggu (28/11/2021).

Tim Mahasiswa FK UNS Raih Juara 3 Poster Publik ARC 2021

Akronim SAHABAT yang mereka usung merupakan singkatan dari 7 langkah yang dapat dilakukan orang tua ketika anak sedang isoman. Ketujuh langkah tersebut adalah selalu mencuci tangan, ajari anak etika batuk, hitung saturasi oksigen dan suhu tubuh anak pagi dan sore, ajak anak memakai masker, beri ASI dan makanan bergizi, atur jarak anak dengan orang lain, dan tetap di rumah saja.

Poster ini memang ditujukan kepada para orang tua agar mereka memahami penyakit Covid-19. Informasi pada poster ini juga memberikan kiat terkait cara merawat anak saat sedang isolasi mandiri di rumah, meskipun dengan peralatan yang mungkin terbatas. Selain itu, tim mahasiswa UNS juga menambahkan informasi cara seseorang agar terhindar dari Covid-19, terutama pada anak-anak.

An’nurihza mewakili timnya mengaku senang dan bersyukur atas pencapaian yang didapat. Kerja keras mereka kali ini membuahkan hasil yang baik.

“Dari sini kami belajar banyak hal sehingga kedepannya kami dapat menjadi lebih baik. Kami tentunya berharap semoga karya kami betul-betul bermanfaat dan menjadi media edukatif bagi masyarakat,” tuturnya.

ARC 2021 sendiri merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Makassar. Mengangkat tema “Outlining all possibilities to Pediatric disease for ‘Indonesia Sehat 2025”, kompetisi ini menyelenggarakan kategori lomba esai ilmiah, poster publik, literature review, dan Tiktok edukasi.
Humas UNS

Reporter: Rangga P. A.
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

UPPJ LPPM UNS Siapkan 10 Jurnal UNS agar Terindeks DOAJ

UNS --- Sepuluh jurnal milik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah disiapkan untuk...

Pakar Bahasa UNS Tanggapi Fenomena Trilingual di Media Sosial

UNS --- Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan penggunaan trilingual atau multilingual. Hal...

Kemendes PDTT Secara Simbolis Lepas Mahasiswa Peserta KKN Tematik UNS Membangun Desa

UNS --- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik...

Pusat Studi Difabilitas UNS Adakan Diskusi Angkat Tema Riset Berperspektif Disabilitas

UNS --- Isu disabilitas kian diperhatikan berbagai pihak di Indonesia. Universitas Sebelas Maret...

Pusdemtanas UNS Gelar Seminar Standar Hukum Pelaksanaan Vaksinasi Wabah Penyakit

UNS --- Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan...

Pemkab Purworejo Terima Mahasiswa KKN Tematik Membangun Desa MBKM UNS

UNS --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menerima secara langsung mahasiswa Kuliah Kerja...

KKN Tematik UNS Membangun Desa Diikuti 1.492 Mahasiswa, Rektor UNS: Menjadi Esensi Sekaligus Mandat bagi Mahasiswa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas 1.492 mahasiswa peserta Kuliah Kerja...

Kuatkan Ekosistem Pembayaran Digital, UNS Teken Kerja Sama dengan LinkAja

UNS --- Pandemi Covid-19 memaksa semua pihak untuk mengubah pola kehidupan ke arah digital. Hal...

Fokus Inventarisasi Data Prestasi Mahasiswa, DRAK UNS Gandeng UPT Humas dan Media

UNS --- Dari tahun ke tahun prestasi mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kian...

Merpati Putih UNS Borong 6 Juara dalam Bandung Lautan Api Championship 3

UNS --- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Merpati Putih Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...