Tim Mahasiswa FK UNS Raih Juara 3 Poster Publik ARC 2021

Tim Mahasiswa FK UNS Raih Juara 3 Poster Publik ARC 2021

UNS — Mahasiswa Universistas Sebelas Maret (UNS) Surakarta raih juara 3 nasional Ar-Razi Competition (ARC) 2021 pada kategori lomba poster publik. Torehan prestasi ini didapat dari upaya mereka mengedukasi para orang tua terkait tindakan tepat ketika menjalani isolasi mandiri karena terkena Covid-19. Tim ini beranggotakan tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Kedokteran angkatan 2019 Fakultas Kedokteran (FK) UNS. Mereka adalah An’nurihza Zidhan Azhara, Aliya Naziha, dan Aisyah Jauza Adiba Indi.

Dalam kategori lomba poster publik ini, mereka mengambil sub tema “Tindakan Preventif, Promotif, Kuratif, dan Rehabilitatif Dalam Meminimalisir Penyakit Penyakit Pediatric”. Menurut An’nurihza, pemilihan topik dan sub tema menjadi tantangan tersendiri. Melalui proses diskusi, mereka berusaha untuk cermat dan teliti terhadap setiap gagasan yang disampaikan.

Mereka mengambil judul “Tetap Aman Isolasi Mandiri Anak Bersama SAHABAT”. Judul poster publik ini dipilih karena Covid-19 masih menjadi fokus utama bagi semua pihak, terutama ketika mengenai anak-anak. Tidak seperti orang dewasa yang sudah bisa mengenal seperti apa Covid-19, anak-anak belum banyak mengerti tentang Covid-19 dan cara mencegahnya. Terlebih lagi apabila anak-anak yang terkena Covid-19 dan perlu diisolasi. Anak-anak belum bisa mandiri melakukan aktivitasnya di ruang isolasi seperti halnya orang dewasa.

“Poster ini memang kami buat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering terlintas di benak kita maupun orang tua saat ini ‘kalau anak-anak yang isoman bagaimana caranya?’. Oleh karena itu, kami membuat poster yang kami tujukan kepada orang tua tentang cara merawat anak-anak,” tutur An’nurihza kepada uns.ac.id, Minggu (28/11/2021).

Tim Mahasiswa FK UNS Raih Juara 3 Poster Publik ARC 2021

Akronim SAHABAT yang mereka usung merupakan singkatan dari 7 langkah yang dapat dilakukan orang tua ketika anak sedang isoman. Ketujuh langkah tersebut adalah selalu mencuci tangan, ajari anak etika batuk, hitung saturasi oksigen dan suhu tubuh anak pagi dan sore, ajak anak memakai masker, beri ASI dan makanan bergizi, atur jarak anak dengan orang lain, dan tetap di rumah saja.

Poster ini memang ditujukan kepada para orang tua agar mereka memahami penyakit Covid-19. Informasi pada poster ini juga memberikan kiat terkait cara merawat anak saat sedang isolasi mandiri di rumah, meskipun dengan peralatan yang mungkin terbatas. Selain itu, tim mahasiswa UNS juga menambahkan informasi cara seseorang agar terhindar dari Covid-19, terutama pada anak-anak.

An’nurihza mewakili timnya mengaku senang dan bersyukur atas pencapaian yang didapat. Kerja keras mereka kali ini membuahkan hasil yang baik.

“Dari sini kami belajar banyak hal sehingga kedepannya kami dapat menjadi lebih baik. Kami tentunya berharap semoga karya kami betul-betul bermanfaat dan menjadi media edukatif bagi masyarakat,” tuturnya.

ARC 2021 sendiri merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Makassar. Mengangkat tema “Outlining all possibilities to Pediatric disease for ‘Indonesia Sehat 2025”, kompetisi ini menyelenggarakan kategori lomba esai ilmiah, poster publik, literature review, dan Tiktok edukasi.
Humas UNS

Reporter: Rangga P. A.
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content