Tim SS-07 Bearnes UNS Juarai National Tender Competition YCE 2021

Tim SS-07 Bearnes UNS Juarai National Tender Competition YCE 2021

UNS — Tim SS-07 Bearnes berhasil harumkan nama Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada ajang Young Civil Engineer (YCE) 2021 Universitas Jember. Tim ini terdiri dari mahasiswa D-3 Teknik Sipil angkatan 2020 Sekolah Vokasi (SV) UNS. Mereka adalah Faqih Faisal Arian, Tahta Alfinal Huda, dan Fachrizal Wisnu Wisuda. Mereka berhasil meraih juara 3 untuk kategori lomba National Tender Competition. Kompetisi tender sendiri merupakan kegiatan penawaran yang bertujuan untuk menyeleksi, mendapatkan, menetapkan serta menunjukkan perusahaan mana yang paling pantas dan layak untuk mengerjakan suatu paket pekerjaan.

Kepada uns.ac.id, Faqih menjelaskan alur keikutsertaan mereka dalam YCE 2021. Pada tahap awal, mereka disuguhkan soal terkait pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu Teknik Universitas Jember setinggi 6 lantai dengan luas lahan 5.000 m2 dan luas bangunan 2.208,8 m2. Mereka dituntut membuat inovasi yang cocok untuk pekerjaan konstruksi bangunan gedung pada masa pandemi seperti sekarang ini.

“Kami mengangkat inovasi Building Information Modelling (BIM) dengan aplikasi Naviswork dimana inovasi ini memiliki implementasi akses yang mudah menggunakan HP dan tablet sehingga mengurangi risiko untuk mengulang pekerjaan dan penularan Covid-19,” terang Faqih, Selasa (21/12/2021).

Visualisasi yang mudah dipahami dan hemat waktu menjadi keuntungan lain yang ditawarkan Tim SS-07 Bearnes. Mereka juga mengangkat tema lean construction ‘konstruksi ramping’ yang nantinya akan mempercepat pengerjaan proyek. Hasil perhitungan mereka menunjukkan pembangunan gedung tersebut membutuhkan waktu 163 hari kerja dengan biaya 23,3 miliar dengan PPN 10%.

Perencanaan tersebut disusun tim SS-7 Bearnes dalam sebuah dokumen tender. Dokumen ini memuat penawaran teknis yang disertai dengan site layout, inovasi, strategi, metode pelaksanaan, penjadwalan, hingga aspek keselamatan dan kesehatan kerja. Terdapat juga penawaran harga dan rekapitulasi Bill of Quantities (BoQ) proyek tersebut.

Raihan prestasi ini membuat anggota tim senang dan bersyukur. Perjuangan selama satu bulan berbuah hasil yang menggembirakan. Sebelum pelaksanaan lomba mereka sempat mengikuti pelatihan bersama Komunitas Semar Solid, komunitas lomba bagi mahasiswa D-3 Teknik Sipil UNS. Hingga mereka mampu tembus sebagai salah satu finalis dan bersaing dengan tim perguruan tinggi lain, seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Politeknik Negeri Semarang, dan Politeknik Negeri Banyuwangi.

Apa yang tim SS-07 Bearnes dapatkan kali ini menjadi pemacu untuk hasil yang lebih baik kedepannya. Mereka akan belajar dari setiap pengalaman dan ingin menjadi lebih baik lagi kedepannya.

“Untuk harapannya, kami tentu ingin mengikuti lomba-lomba lagi kedepannya. Semoga kedepanya harapan kami atau target kami yaitu bisa memperoleh juara satu,” ujar Faqih. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content