UNS — Tim mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang berkompetisi dalam ajang Criminal Law Student’s Association (CLSA) National Conference 2021 berhasil menyabet juara 1.

Mahasiswa yang membanggakan tersebut adalah Cahya Intan Ayuningsekar, Fanisa Luthfia Putri Erwanti, dan Salma Jane Benedicta. Ketiganya merupakan mahasiswa asal Program Studi (Prodi) S-1 Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH) UNS.

Dalam pengumuman yang dirilis oleh CLSA FH Universitas Jember (Unej) selaku penyelenggara lomba, ketiganya tidak saja berhasil menyabet juara 1, namun juga mampu mengungguli Universitas Lampung dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang masing-masing menduduki juara 2 dan juara 3.

Kompetisi yang diikuti ketiganya merupakan konferensi nasional hukum pidana yang ditujukan sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk menyalurkan bakat, minat, dan potensi di bidang kepenulisan hukum. Dan, luaran yang dikompetisikan berupa artikel ilmiah antikorupsi.

Salah satu anggota tim, Fanisa Luthfia Putri Erwanti, mengatakan proses yang harus dilalui timnya hingga dinobatkan sebagai juara 1 tidaklah mudah.

Hal itu dimulai dengan mengurus berkas pendaftaran, melewati seleksi administrasi, membagi tugas, hingga berkonsultasi dengan Diana Lukitasari, S.H., M. H selaku dosen pembimbing.

“Pendaftaran dari 12 Juli-10 Agustus. Kemudian, pengumuman finalis tanggal 22 Agustus dilanjut presentasi tanggal 29 Agustus dan pengumuman juara 30 Agustus. Pada awalnya saya mencari tim untuk mengikuti perlombaan ini, akhirnya 24 Juli 2021 saya mengajak kedua rekan saya tersebut yang kebetulan saya sudah mengenalnya,” ujar Fanisa Luthfia Putri Erwanti.

Ungguli Unair, Tim Mahasiswa UNS Sabet Juara 1 CLSA National Conference 2021

Ia menambahkan, enam hari sebelum tenggat pengumpulan berkas, gagasan yang diajukan kepada Diana Lukitasari, S.H., M. H belum disetujui. Fanisa Luthfia Putri Erwanti mengakui jika kala itu gagasan timnya masih kurang.

“Tidak dapat dimungkiri, mencari ide orisinalitas untuk hukuman pemidanaan koruptor sangatlah sulit dan setelah kami berkonsultasi dengan Bu Diana, kami mulai menemukan gambaran/ pencerahan ide yang besoknya kami eksekusi langsung,” ungkap Luthfia Putri Erwanti.

Namun, terus bekerja keras untuk dapat menyelesaikan artikel ilmiah yang akan dikompetisikan. Bahkan, Luthfia Putri Erwanti menuturkan, timnya menggarap artikel ilmiah tersebut hingga dini hari.

“Setelah berbagai kesulitan kami alami mulai dari kesulitan memakai aplikasi untuk bodynote, H-1 belum menemukan judul bahkan judul masih belum disetujui oleh Bu Diana H-4 jam karena masih ada beberapa diksi yang dipoles untuk lebih menarik perhatian. Berkas telah kami selesaikan dengan segala ketentuan dan berkas-berkas pendukung lalu kita kirimkan email,” tambahnya.

Usai mengirimkan artikel ilmiah kepada panitia CLSA National Conference 2021, Cahya Intan Ayuningsekar, Fanisa Luthfia Putri Erwanti, dan Salma Jane Benedicta menanti hingga pengumuman finalis yang diumumkan pada tanggal 22 Agustus lalu.

Setelah menunggu cukup lama, kabar bahagia menyelimuti ketiganya. Sebab, nama UNS dinyatakan lolos ke babak final. Pada tahap ini, mereka harus menyiapkan peta konsep sebagai bahan presentasi saat final.

“Keringat dingin sudah kami rasakan semenjak reviewer mulai menyebutkan siapakah yang menjadi juara 3 dan juara 2 dan kami sudah merasa hopeless karena nama kami tidak disebut pada saat juara 3 ataupun juara 2. Ternyata tidak disangka-sangka justru kami mendapatkan juara 1 di mana kami semua merasa speechless,” ungkap Fanisa Luthfia Putri Erwanti.

Usai dinyatakan sebagai juara 1 dan mampu mengungguli Univeritas Lampung dan Unair, Fanisa Luthfia Putri Erwanti mengaku sangat bersyukur. Sebab, CLSA National Conference merupakan kompetisi pertama yang dilakoni oleh timnya.

“Dalam suatu kesempatan, menyerah sebelum mencoba ialah kegagalan karena telah meragukan kemampuannya sendiri dan kesempatan tidak akan datang dua kali. Mencurahkan usaha yang maksimal, bekerja sama dalam tim dengan komunikasi yang baik, ditambah berdoa dan menyerahkan segala hasil akhir kepada Tuhan Yang Maha Kuasa menjadi kunci keberuntungan tim kami,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Yefta Christopherus AS
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...