UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menduduki peringkat dua dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Jawa Tengah 2022. UNS berhasil membawa 71 medali yang terdiri dari 19 emas, 30 perak, dan 22 perunggu dalam seleksi daerah tersebut.

Pomprov Jateng berlangsung selama sembilan hari pada 1—9 September 2022 di beberapa universitas sebagai tuan rumah. Ajang ini juga sekaligus sebagai seleksi daerah bagi atlet Jawa Tengah yang akan mewakili provinsi dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVII pada 17—26 November  di Sumatera Barat.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Drs. Rohman Agus Pratomo mengapresiasi capaian mahasiswa UNS dalam Pomprov Jateng 2022 ini.

“Selamat bagi mahasiswa UNS yang meraih medali pada Pomprov. UNS mengirim atlet pada 13 cabang olahraga dan dapat menyumbangkan 71 medali. Setelah ini, mereka yang mendapat emas akan kami siapkan untuk menuju Pomnas. Semoga Jawa Tengah dapat membawa pulang medali dan bisa menjadi juara umum tahun ini,” tutur Drs. Rohman Agus Pratomo saat diwawancarai uns.ac.id, Rabu (14/9/2022).

Perasaan gembira datang dari para mahasiswa yang akan mewakili Jawa Tengah pada Pomnas 2022.  Hal tersebut seperti yang dituturkan oleh Fiery Mufti Eldison, mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Rekreasi dan Kesehatan (PJKR) Fakultas Keolahrgaan (FKOR) UNS. Fiery berhasil menyabet medali emas cabor bulu tangkis pada nomor tunggal putra. Mahasiswa semester tiga tersebut menang straight games melawan perwakilan dari Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Rachmad Herdiyanto pada laga puncak dengan skor 23-21, 21-17.

UNS Tempati Peringkat 2 Pomprov Jawa Tengah 2022

Alhamdulillah seneng banget karena ini adalah Pomprov pertama saya dan bisa dapat hasil yang maksimal. Apalagi di semi final dan final sempat tertinggal cukup jauh tapi bisa mengejar. Saat semi final, set 1 saya kalah. Lalu set 2 sempat tertinggal 10-16 dan bisa membalikkan keadaan menjadi 21-17 dan pada set 3 tampil lebih pede sehingga bisa menang 21-8,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Zidni Rahma Amaly, mahasiswa Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Penkepor) FKOR UNS. Zidni berhasil meraih emas pada cabang pencak silat nomor tanding kelas E putri.

“Kesannya pasti senang dan bangga. Selain membanggakan orang tua, keluarga, teman, tentunya juga UNS. Apalagi ini kesempatan terakhir saya mewakili UNS dan Jawa Tengah di Pomnas karena sudah semester akhir,” ungkap Zidni.

UNS Tempati Peringkat 2 Pomprov Jawa Tengah 2022

Atlet pencak silat tersebut mengatakan persiapan menuju Pomprov cukup singkat. Namun, Ia juga tergabung di tim kota sehingga lebih matang dan siap.

“Tim UNS berlatih 6-10 kali seminggu, latihannya pagi dan sore. Untuk persiapan engga cuma latihan, tentunya juga ibadah karena dari pengalaman, campur tangan Tuhan itu benar-benar terjadi. Kemudian, hal lain yang perlu di persiapkan yaitu mental karena mental merupakan salah satu faktor penting ketika bertanding. Bisa disebut seorang juara itu pasti memiliki mental yang bagus,” tuturnya.

Maharani Dean Pramudita yang berhasil meraih empat medali sekaligus juga mengaku senang dan bersyukur. Maharani atau yang kerap disapa Fenix dari Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) memboyong medali emas cabor renang 200 m gaya dada perorangan putri, dan medali perunggu 100 m gaya dada perorangan putri, 50 m gaya dada perorangan putri, dan 50 m gaya kupu-kupu perorangan putri.

UNS Tempati Peringkat 2 Pomprov Jawa Tengah 2022

“Saya merasa senang dan sangat bersyukur bisa mendapatkan 1 medali emas dan 3 medali perunggu di pertandingan Pomprov pertama saya ini. Terima kasih kepada Allah SWT, keluarga, pelatih, dosen, dan teman-teman yang sudah mendukung saya. Semoga di Pomnas 2022, saya bisa memberikan yang terbaik untuk tim Jawa Tengah sekaligus membanggakan UNS,” ungkap Fenix. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Redaktur: Dwi Hastuti

Peringati Hari Tani, Tim PPK Ormawa HM Pelita UNS Gelar Sehati di Gentungan, Karanganyar

UNS --- Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa...

Tim PKM-RE UNS Deteksi Milk Protein Allergen melalui Karakterisasi Gen CSN2

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung di dalam tim Program...

Pemilihan Rektor UNS Masa Bakti 2023-2028 Dimulai, ini Harapan Prof. Jamal Wiwoho

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Masa Bakti 2019-2023, Prof. Jamal Wiwoho,...

Resmi, UNS Launching Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi me-launching Panitia Penjaringan dan...

Riset Grup FISIP UNS Gelar Pelatihan Branding dan Marketing untuk UMKM Kedai Kopi di Solo

UNS --- Riset Grup (RG) pengabdian masyarakat Komunikasi Strategis, Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim PKM-RSH UNS Teliti Strategi Baru Penanganan Temper Tantrum pada Anak Autis

UNS --- Sejumlah  mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...

Tim PKM-RE UNS Mengembangkan Material Teragnostik untuk Penyakit Kanker dari Limbah Ampas Kopi

UNS --- Sejumlah  mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...

UPT KLI UNS Inisiasi Kerja Sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia

UNS --- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerja sama dan Layanan Internasional (KLI) Universitas Sebelas...

Mahasiswa FKIP UNS Sukses Raih Juara 2 Lomba Tepat Cepat Tingkat Nasional

UNS --- Rizki Wahyu Perdana, seorang mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi Fakultas...

Tim PKM-K FKIP UNS Luncurkan Produk Tas Multikapasitas Berbasis Edukasi

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...