UNS — Prestasi membanggakan diraih oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Khusus (PKh) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Zalfaa Azalia Pursita. Zalfaa terpilih sebagai Pemenang 1 Duta Bahasa Jawa Tengah 2021 yang diumumkan pada gelaran Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021 pada Minggu (20/6/2021).

Dalam acara yang dilangsungkan secara daring dan luring di Hotel MG Setos Semarang, Zalfaa dinyatakan unggul di antara 17 finalis dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Mahasiswa berusia 21 tahun itu mengaku merasakan campur aduk saat dirinya terpilih menjadi pemenang utama.

“Jujur, saya terharu sekali. Saat dipanggil maju sebagai pemenang utama, rasanya campur aduk. Ada senang, terharu, dan deg-degan. Alhamdulillah, proses yang dilakukan selama ini membuahkan hasil yang manis di pertengahan tahun ini,” terang Zalfaa, Selasa (22/6/2021).

Dia bahagia karena dapat memetik hasil manis dari perjuangan yang telah dilakukan selama setahun terakhir. Pada acara yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah itu, Zalfaa mengusung program Sauna Citra yang merupakan singkatan dari Sahabat untuk Pecinta Literasi. Program tersebut memiliki dua agenda utama yakni peminjaman buku gratis (Sanbukis) dan Baca-In (Membaca dan Menginspirasi).

Sauna Citra dibuat oleh Zalfaa lantaran dirinya merupakan mahasiswa yang senang membaca buku. Hobi itu kemudian diseriusi untuk meningkatkan literasi masyarakat di sekelilingnya.

“Aku sebenarnya daftar Duta Bahasa tahun 2020 tapi kan diundur. Nah, dari situ aku mulai mikir kenapa programku itu masih sebatas rancangan, aku harus mulai merealisasikannya. Jadi bisa dibilang semenjak tahun lalu aku menyiapkan program ini. Alhamdulillah pada awal tahun ini, salah satu programku yang bernama Sanbukis sudah terealisasi,” imbuhnya.

Untuk merengkuh gelar juara tersebut, mahasiswa asal Kabupaten Boyolali ini harus melewati sejumlah tahapan seleksi yang ketat. Dia harus melalui seleksi administrasi yang mensyaratkan proposal kebahasaan dan kesastraan berbasis teknologi informasi yang diikuti lebih dari 190 pendaftar. Dia kemudian melalui seleksi wawancara, lalu lolos menjadi finalis 20 besar. Usai terpilih menjadi finalis 20 besar Duta Bahasa Jawa Tengah 2021, Zalfaa kembali harus melewati sejumlah tahap seperti pembekalan daring, Bimbingan Teknik Kebahasaan dan Kesastraan Berbasis Teknologi Informasi, hingga penilaian.

Dalam penilaian yang dilakukan pada Sabtu (19/6/2021), Zalfaa harus mempertanggungjawabkan programnya kepada juri dan menjawab pertanyaan dalam tiga bahasa yakni bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing. Selanjutnya, Zalfaa lolos ke tahap 3 besar dan harus menjawab satu pertanyaan dengan tiga bahasa sekaligus dalam waktu 3 menit. Dengan jawaban yang apik dan tepat, mahasiswa yang juga melakukan pertukaran mahasiswa program Kampus Merdeka di University College London itu akhirnya meraih predikat pemenang 1. Raihan tersebut sekaligus membuat Zalfaa terpilih untuk mewakili Jawa Tengah pada ajang Duta Bahasa tingkat nasional yang akan diselenggarakan beberapa bulan mendatang. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tim Pengabdian PG-PAUD UNS Dampingi Guru Lakukan PTK

UNS --- Tim pengabdian Dosen Prodi Pendidikan Guru PAUD Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Wujudkan MBKM, FRSD UNS Inisiasi Lompatan Kreatif bersama HIMKI

UNS --- Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tengah...

Dosen UNS Bagikan Tips Membangun Budaya Investasi di Era Digital

UNS --- Kemajuan teknologi di era digital memberikan tantangan yang besar bagi manusia sebagai...

Hebat! Tim Basket UNS Ukir Prestasi pada Ajang PANTASI 2021

UNS --- Rona bahagia menyelimuti tim basket Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret...

Tulis Opini tentang Pembelajaran Daring di Masa Pandemi, Mahasiswa UNS Raih Juara 3

UNS --- Nama Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali berjaya di ajang nasional. Kali ini...

Membanggakan! Mahasiswa FP UNS Raih Penghargaan Verbal Commendation di Ajang International MUN Conference 65.0 UNDP

UNS --- Mas Shafira Azhari, mahasiswi Program Studi (Prodi) Ilmu Teknologi Pangan Fakultas...

Tingkatkan Tridharma di Bidang Kehutanan, UNS Jajaki Kerja Sama dengan Perhutani

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjajaki kerja sama dengan Perusahaan Umum...

Rektor UNS Sampaikan Perguruan Tinggi Miliki Peran Strategis dalam Pembangunan Nasional

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum.,...

UNS Jalin Kerja Sama dengan PT. Evos Esports Indonesia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sepakat untuk menjalin kerja sama dengan PT....

PUI Javanologi UNS Inisiasi Bantuan Peralatan kepada Perpustakaan Rekso Pustoko dari Keluarga Akbar Tandjung

UNS --- Pusat Unggulan Iptek (PUI) Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...