Dewan Profesor UNS adakan Workshop Akselerasi Lektor Kepala Menjadi Guru Besar

by | Nov 25, 2022 16:00 | Berita Terkini

UNS — Dewan Profesor (DP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Workshop “Akselerasi Lektor Kepala Menjadi Guru Besar” pada Jumat (18/11/2022). Ketua DP UNS, Prof. Drs. Suranto Tjiptowibisono, M.Sc., Ph.D. dengan didampingi Sekretaris DP UNS, Prof. Dr. Cucuk Nur Rosyidi S.T., M.T. membuka sekaligus memberikan pengantar acara Workshop Akselerasi Lektor Kepala Menjadi Guru Besar yang diikuti anggota DP UNS.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Drs. Suranto Tjiptowibisono, M.Sc., Ph.D selaku Ketua DP UNS menyampaikan bagaimana menyiapkan dokumen yang baik. Pertama, mempersiapkan Kum bidang pendidikan atau pengajaran. Nilai kredit yang didapat pada saat studi mengajar atau memberi kuliah tidak dapat digunakan. Namun, nilai kredit sebelum dan sesudah belajar dapat digunakan.

“Kedua, untuk Kum C, yaitu penelitian dan publikasi dibutuhkan beberapa jurnal internasional bereputasi, jurnal internasional, jurnal nasional terakreditasi, jurnal nasional, buku teks, dan publikasi yang dihasilkan selama studi dapat digunakan,” terang Prof. Suranto.

Dalam hal ini, Prof. Suranto mendorong sejawat bergelar doktor agar segera ke jenjang jabatan profesor. Ada beberapa alasan, salah satunya tidak semua orang senang melihat temannya berstatus guru besar atau profesor. Kedua, tidak semua yang diduga mempunyai sifat-sifat tidak senang tersebut benar adanya. Ketiga, diperlukan pribadi-pribadi yang tepat untuk mendorong dosen-dosen ke guru besar atau profesor.

“Salah satu organ yang tepat adalah Dewan Guru Besar atau Profesor, atau Majelis Guru Besar, atau Komisi Guru Besar di Institusi Perguruan Tinggi untuk mendorong supaya segera menjadi guru besar. Kelima, pribadi-pribadi di institusi tersebut, pastinya tidak diragukan lagi, namun “exception” pasti ada,” terang Prof. Suranto.

Selain itu, Prof. Suranto juga menyampaikan bahwa di sinilah kepentingan institusi dan pribadi-pribadi calon yang mau ke guru besar perlu disinergikan. Di sisi lain, institusi mempunyai keperluan supaya jumlah guru besar bertambah. Pada lain pihak, institusi juga perlu meyakinkan bahwa jabatan guru besar juga berdampak positif secara ekonomi terhadap keluarganya. Inilah hal-hal kecil yang mungkin dapat membangkitkan semangat calon guru besar. Harapan dari pimpinan kepada yang bersangkutan kadang diperlukan, walaupun kalau dihitung secara finansial tidak besar, tetapi apresiasi yang diberikan lebih berarti. Dengan demikian, terobosan dari pimpinan di tingkat institusi atas sampai ke bawah diperlukan.

Prof. Suranto menambahkan bahwa para dosen bergelar doktor jangan hanya disuruh ke guru besar saja, tetapi tidak juga didukung dengan kebijakan atau finansial. Oleh karena itu, sangat diperlukan percepatan menuju guru besar dengan cara membangkitkan sejawat yang sedang menjalankan proses guru besar.

Hal yang dapat dilakukan yang pertama adalah dibutuhkan kesabaran. Kedua, diperlukan ketulusan dan sentuhan yang benar-benar menjadi pemicu untuk bangkit. Hal itulah yang coba dilakukan oleh Dewan Profesor UNS dalam acara ini. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Redaktur: Dwi Hastuti

Viral di Tiktok, Aksi Bersih-Bersih Sampah oleh Mahasiswa UNS Tuai Pujian Warganet

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam beasiswa Rumah...

Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Bersama PPII Jateng Selenggarakan Webinar Nasional

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan...

Peringati Hari Gizi Nasional, Rumah Sakit UNS Gelar Talkshow Bahas Stunting

UNS --- Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ialah dengan...

LPM Novum FH UNS Gelar Webinar Bahas Dekadensi Regulasi Perlindungan Anak

UNS – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Novum Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Bagaimana Keikutsertaan Masyarakat dalam Mewujudkan Siaran Berkualitas? Berikut Tanggapan Pakar Hukum UNS

UNS --- Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi semakin berkembang cepat terlebih di era...

FK UNS Jalin Kerja Sama dengan LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah

UNS --- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama...

Koordinasi Kemitraan antara UNS dan SEA Today Bahas Beberapa Kesepakatan

UNS --- Rapat bersama antara Pusat Unggulan Iptek (PUI) Perguruan Tinggi (PT) Center of Fintech...

Prodi S-3 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Luluskan Doktor Baru

UNS — Program Studi (Prodi) S-3 Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)...

Tergabung dalam Dhaharan.id, Mahasiswa UNS Gelar Bakti Sosial di Dua Tempat

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar bakti sosial di...

FEB UNS Jalin Kerja Sama Pengabdian dengan BNI Hong  Kong

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama...