UNS — Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia dipengaruhi oleh budaya keislaman yang berasal dari Negeri Arab. Salah satunya bahasa sebagai alat komunikasi. Sejarah menuliskan bahwa pada abad ke-7 orang-orang Arab datang ke Nusantara untuk berdagang. Tidak hanya berdagang. kedatangan mereka juga mengakibatkan terjadinya pertukaran budaya antara Arab dengan Indonesia. Bahkan, sejumlah pedagang Arab yang memutuskan untuk menetap di Indonesia juga turut menyebarkan ajaran-ajaran Islam.

Fenomena penggunaan Bahasa Arab di Indonesia diulas secara terperinci oleh Reza Sukma Nugraha, S.Hum., M.Hum selaku dosen Program Studi (Prodi) Sasta Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada Sabtu (31/07/2021) di acara Kajian ala Mahasiswa (KRAMA) X BASMA. Acara tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Google Meet dan dihadiri oleh mahasiswa baik dari UNS maupun dari Universitas lainnya.

Penggunaan Bahasa Arab sebagai alat komunikasi di Indonesia tidak hanya terjadi secara lisan, namun juga tulisan. Aksara Arab atau sering dikenal dengan aksara Jawi sering digunakan untuk menulis Bahasa Melayu oleh Suku Melayu yang terletak di Kepulauan Riau, Bangka Belitung, dan Bengkulu.

Penggunaan Bahasa Arab di Indonesia semakin berkembang sejak Kerajaan Islam berhasil menggeser kedigdayaan Kerajaan Hindu-Budha. Peran wali dan ulama juga cukup besar dalam mengembangkan Bahasa Arab.

“Mereka mulai mensosialisasikan bagaimana Bahasa Arab itu dekat sekali dengan Islam. Misalnya di dalam penggunaan istilah-istilah dan nama-nama Arab ketika berdakwah,” ujar Reza.

Reza Sukma juga mengatakan bahwa pengaruh Bahasa Arab terhadap Bahasa Indonesia semakin meluas sejak masa pascareformasi. Bentuk pengaruh tersebut dilihat dari banyaknya kosakata Bahasa Indonesia yang merupakan hasil serapan dari Bahasa Arab. Sekitar 2.000 kosakata dari 127.000 kosakata di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) termutahir merupakan kata serapan dari Bahasa Arab. Misalnya saja kata masjid, mushola, dewan, rakyat, dan lain-lain.

Banyaknya kosakata Bahasa Indonesia yang merupakan serapan dari Bahasa Arab membuat Bahasa Indonesia memiliki ketentuan atau kaidah penyerapan Bahasa Arab.

“Di antara banyaknya aturan penyerapan tersebut, satu di antaranya adalah harus ada penyesuaian antara fonem yang dimiliki oleh Bahasa Indonesia,” jelas Reza.

Hingga saat ini, penggunaan Bahasa Arab di Indonesia meliputi Bahasa Arab sebagai sistem bahasa, penggunaan ungkapan baik berupa frasa maupun kalimat, penggunaan istilah Bahasa Arab, dan penamaan orang-orang di Indonesia. Selain itu, bahasa dan ungkapan Arab di Indonesia juga sering digunakan sebagai media komunikasi. pembelajaran, bahasa agama, dan identitas baik secara agama, sosial maupun politik. Humas UNS

Reporter: Alinda Hardiantoro
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...