FKIP UNS Resmi Lepas Mahasiswa PPG Skema Prajabatan Mandiri UNS Tahun Akademik 2020/2021

FKIP UNS Resmi Lepas Mahasiswa PPG Skema Prajabatan Mandiri UNS Tahun Akademik 2020/2021

UNS — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan acara Pelepasan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Skema Prajabatan Tahun Akademik (TA) 2020/2021 pada Selasa (29/3/2022). Pelepasan tersebut digelar secara luring di Aula Gedung G FKIP UNS dan daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Pelepasan ini juga disiarkan secara langsung melalui akun Youtube Semar TV.

Dalam acara ini, mahasiswa PPG UNS sebanyak 82 orang resmi dilepaskan. Dari jumlah tersebut, 71 mahasiswa dinyatakan lulus. Kepala Program Studi (Kaprodi) PPG FKIP UNS, Dr. A.G. Tamrin, M.Pd., M.Si. menyampaikan para mahasiswa PPG tersebut telah lulus semua mata kuliah yang diajarkan. Selain itu, mahasiswa yang dinyatakan lulus berarti mereka telah memenuhi dua syarat utama nasional.

“Mahasiswa sudah mendapatkan mata kuliah mulai Pendalaman Materi Pedagogik dan Bidang Studi, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, hingga Praktik Pengalaman Lapangan. Lalu, yang menjadi saringan secara nasional adalah semua mahasiswa ini sudah dinyatakan lulus Uji Kinerja dan Uji Pengetahuan sebagai Uji Kompetensi Mahasiswa PPG. Selamat untuk kalian semua!” jelas Dr. Tamrin.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. turut hadir dalam acara ini. Prof. Yunus menyampaikan selamat kepada para lulusan PPG FKIP UNS.

“Saya atas nama pimpinan Universitas Sebelas Maret mengucapkan selamat dan sukses kepada para mahasiswa PPG Prajabatan yang telah dinyatakan lulus. Dengan telah selesainya pendidikan saudara, ini berarti mulai hari ini dan seterusnya saudara telah sah memiliki sertifikat pendidikan berkompetensi guru yang secara hukum sesuai dengan standar pendidikan yang telah ditetapkan pemerintah,” ungkap Prof. Yunus.

Selain itu, acara ini juga dihadiri secara daring oleh Ketua Pokja PPG Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemdikbudristek RI, Dr. Elvira, M.Si. Beliau mengatakan bahwa para lulusan PPG dinyatakan sebagai pendidik profesional. Para pendidik tersebut mengemban tugas mulia untuk turut mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
“Di pundak ibu dan bapak sebagai guru terdapat tugas mulia menjadi pengemban amanah tujuan pendidikan yang dituangkan dalam undang-undang sistem pendidikan indonesia,” ujar Dr. Elvira.

Acara pelepasan mahasiswa PPG dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Rektor tentang Penetapan Kelulusan Mahasiswa PPG Skema Prajabatan Mandiri TA 2020/2021. Usai pembacaan surat keputusan, kegiatan dilanjutkan dengan Pengambilan Sumpah Profesi Guru dipimpin oleh Dekan FKIP UNS, Dr. Mardiyana, M.Si. Setelah sumpah selesai, kegiatan berikutnya yakni Pembacaan Nama dan Pengambilan Sertifikat para lulusan PPG Skema Prajabatan Mandiri TA 2020/2021.

Fajar Budi Hardono, S.Pd. selaku perwakilan lulusan PPG FKIP UNS Skema Prajabatan Mandiri TA 2020/2021 menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah memberikan fasilitas dan iklim akademik untuk berproses dan menerima ilmu selama perkuliahan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Bapak Rektor UNS, Bapak Dekan FKIP UNS beserta jajarannya, tim pengelola PPG, seluruh dosen dan guru pamong, serta seluruh sivitas akademika FKIP UNS. Terima kasih atas seluruh fasilitas serta iklim akademik yang sangat mendukung sehingga kami dapat berproses untuk mengembangkan ilmu walaupun perkuliahan dilaksanakan secara daring. Terima kasih atas kesabaran bapak dan ibu dosen, serta bapak dan ibu admin dalam membimbing kami. Semoga ilmu yang kami dapatkan bisa bermanfaat,” ucap Fajar dalam sambutannya sebagai perwakilan lulusan PPG FKIP UNS. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content