FKOR UNS Berikan Edukasi Soal Peregangan Tubuh melalui Lokakarya

by | Mar 24, 2023 18:51 | Berita Terkini

UNS — Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta adakan lokakarya peregangan tubuh. Ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Dies Natalis ke-47 UNS tahun 2023. Lokakarya mengangkat tema “Stretching Sebagai Tindakan Pencegah dari Dampak Negatif Aktivitas Daring dan Cedera”. Keseruan acara dirasakan langsung oleh para peserta yang hadir di Aula Lantai 4 FKOR UNS pada Kamis (16/3/2023).

Lokakarya peregangan tubuh menghadirkan dua orang pakar. Mereka adalah Guru Besar FKOR UNS, Prof. Dr. M. Furqon Hidayatullah, M.Pd., serta Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Jakarta, Slamet Sukriadi, M.Pd. Kegiatan dipandu oleh Astrinda selaku moderator yang juga Mahasiswa UNS.

Peregangan PNF

Slamet Sukriadi memaparkan materi bertajuk “Stretching Proprioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF)”. Topik ini diangkat sebagai tindakan pencegahan dari dampak negatif aktivitas daring dan cedera. Peregangan sendiri bertujuan untuk menciptakan fleksibilitas pada otot anggota gerak tubuh.

Peregangan PNF, menurut penjelasan Slamet Sukriadi, dikembangkan di Institut Kabat-Kaiser pada 1900-an. Seorang ahli saraf bernama Herman Kabat dan terapis fisik bernama Margaret “Maggie” Knott merupakan dua tokoh pengembang peregangan ini. PNF awalnya dikembangkan untuk orang dengan kondisi neurologis seperti poliomielitis. Kemudian PNF diperluas untuk mengobati kondisi muskuloskeletal.

Teknik peregangan PNF juga dapat digunakan oleh para atlet maupun non-atlet untuk meningkatkan performa, misalnya untuk aktivitas joging. Akan tetapi, PNF juga dapat menurunkan performa apabila dilakukan sebelum latihan intensitas tinggi seperti angkat beban dan lari sprint.

“Studi telah menemukan bahwa melakukan peregangan PNF sebelum berolahraga dapat meningkatkan kinerja,” ujar Slamet Sukriadi.

Peregangan PNF adalah bentuk peregangan yang dapat meningkatkan fleksibilitas, rentang gerak atau range of motion (ROM), dan kekuatan seseorang. Secara khusus, ini dapat meningkatkan active range of motion (AROM) dan passive range of motion (PROM). Ada dua metode PNF, yakni contract-relax (CR) dan hold-relax (HR).

Peregangan PNF juga memiliki risiko apabila tidak dilakukan dengan benar. Peregangan harus dilakukan dengan hati-hati karena berpotensi memutar dan merobek otot. Seseorang disarankan mencari pendamping profesional apabila belum pernah melakukan peregangan PNF.

Ada pula beberapa teknik yang tidak direkomendasikan kepada seseorang yang bukan penari atau atlet profesional. Terdapat dua teknik peregangan PNF, yaitu hold-swing-relax dan hold-relax-bounce.

Anak-anak dan remaja sebaiknya tidak mencoba peregangan PNF ini. Mereka biasanya masih dalam kondisi fleksibel ketika bergerak sehingga peregangan PNF berisiko bila dilakukan. Mereka memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk merusak jaringan ikat dan tendon bila melakukan peregangan PNF.

Peregangan saat Bekerja pada Era Digital

Materi kedua disampaikan Prof. Furqon dengan tajuk “Stretching Bekerja pada Era Digital”. Duduk di depan layar komputer dalam waktu lama sering menyebabkan permasalahan, diantaranya leher kaku, sakit punggung, dan pengerasan otot anggota gerak. Menatap layar terlalu terang dan lama juga dapat menyebabkan sakit mata dan kepala.

Peregangan dapat menjadi upaya preventif dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Namun, diperlukan sikap keteraturan dan kesabaran untuk membangun kebiasaan. Dalam penjelasannya, Prof. Furqon menyampaikan bahwa World Health Organization (WHO) juga mengimbau untuk mengecek posisi duduk saat bekerja dan menyela duduk dan berdiri saat bekerja.

Peregangan di sela-sela bekerja hanya membutuhkan waktu sekitar empat menit secara teratur dan diharapkan menjadi kebiasaan. Beberapa gerakan yang dapat dilakukan adalah peregangan leher dan bahu, peregangan punggung, serta peregangan tangan dan lengan.

“Setelah selesai melakukan stretching diakhiri dengan menarik napas dalam dan rileks,” terang Prof. Furqon.

Adapun enam area tubuh yang ditekankan dalam peregangan, yaitu jari, tangan dan lengan, jari dan pergelangan tangan, dada, bahu dan punggung atas, bahu dan leher, kedua sisi togok, serta punggung bawah.

Aktivitas peregangan semacam itu dapat dilakukan siapa pun yang sering duduk di depan komputer berjam-jam baik pekerja maupun pelajar. Aktivitas peregangan pun dapat dilakukan secara mandiri dan mudah. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji

Redaktur: Dwi Hastuti

Tags : FKOR UNS

Prodi ITP FP UNS kembali Gelar 5th International Guest Lecture Week of Food Science and Technology

UNS --- Program Studi (Prodi) S1 Ilmu Teknologi Pangan (ITP) Fakutas Pertanian (FP) Universitas...

Hari Lingkungan Hidup Sedunia jadi Momentum Pembersihan Danau UNS

UNS - Tim Green Campus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan Pusat Penelitian Lingkungan...

PKM UNS Berdayakan Kualitas dan Pemasaran UKM Coklat Tin Desa Plumbon

UNS - Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat...

Kopma UNS Periode 2023/2024 Resmi Dilantik

UNS - Pengurus dan Pengawas Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Sebelas Maret (UNS) Periode...

Mimbar Gagasan Edisi ke-2 DP UNS Diskusikan Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Generasi Emas Indonesia

UNS --- Dewan Profesor (DP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Mimbar Gagasan...

Mahasiswa UNS Borong Penghargaan dalam Ajang Duta Genre Kabupaten Sukoharjo 2023

UNS – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali sukses meraih prestasi yang...

FISIP UNS dan School of Government UUM Gelar International Guest Lecture

UNS - Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama...

Usai Berkunjung, Delegasi Saudi Fund for Development Puas dengan Pengelolan RS UNS

UNS --- Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima kunjungan Saudi Fund...

FK UNS Lepas 20 Dokter Spesialis

UNS --- Fakultas kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Program Pendidikan Dokter...

Prodi Orthopaedi dan Traumatologi FK UNS Jalani Asesmen Lapangan Akreditasi LAM-PTKes

UNS --- Sebagai Program Studi (Prodi) yang mempunyai visi bereputasi internasional dan...