UNS — Sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar diskusi Strategi Pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) PTNBH secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting, Kamis (27/1/2022). Pada acara ini, UNS menghadirkan narasumber yaitu Kepala Subbidang Informasi dan Publikasi Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjendiktiristek), Franova Herdiyanto, S.Kom. MTI.

Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho menyampaikan beberapa IKU yang harus dipenuhi UNS. Ke-8 IKU tersebut yaitu (1) Lulusan mendapat pekerjaan yang layak, (2) Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, (3) Dosen berkegiatan di luar kampus, (4) Praktisi mengajar di dalam kampus, (5) Hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi Internasional, (6) Program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia, (7) Kelas yang kolaboratif dan partisipatif dan (8) Program studi berstandar internasional.

“Kami dari UNS mengucapkan terima kasih kepada Bapak Franova Herdiyanto yang telah menyempatkan waktu untuk memberikan materi dalam diskusi Strategi Pencapaian IKU PTN,” terang Prof. Jamal.

Sementara itu, Kepala Subbidang Informasi dan Publikasi Pusdatin Ditjendiktiristek, Franova Herdiyanto, S.Kom. MTI. menyampaikan beberapa hal terkait dashboard dan mekanisme pendataan dalam IKU PTN. Dalam pemaparannya, PTN akan menerima pendanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui tiga mekanisme yang berbeda.

Adapun, jalur pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ke PTN adalah pendanaan berbasis kontrak kinerja antara Kemendikbudristek dengan PTN, matching fund terhadap pendapatan tambahan yang berhasil dihasilkan oleh PTN, dan competitive fund atau dana untuk proyek aspirasi yang menjadi rencana PTN.

“Latar belakang diadakannya peningkatan IKU supaya lulusan mendapat pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus, dosen dapat berkegiatan di luar kampus, dan praktisi dapat mengajar di dalam kampus. Selain itu, program studi bisa mengusahakan agar berstandar internasional, kelas diharapkan dapat menjadi kolaboratif, program studi dapat bekerja sama dengan mitra kelas dunia, dan hasil kerja dosen digunakan masyarakat dan dapat rekognisi internasional,” terang Franova.

Selain itu, terdapat penjelasan sistem komponen desain pendanaan berbasis IKU. “Terdapat komponen desain pendanaan berbasis IKU yakni IKU dan target, hitungan capaian IKU dan sistem poin, serta pembagian liga dan hitungan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN),” ungkap Franova.

Terdapat pula penghitungan poin dengan sistem poin menghargai pencapaian target gold standard dan peningkatan kinerja dari tahun sebelumnya. Pada poin pencapaian target terdapat +10 poin untuk setiap IKU yang mencapai target gold standard. Pada poin pertumbuhan capaian terdapat +1 poin untuk setiap peningkatan poin persentase di setiap IKU dan tidak ada poin negatif untuk penurunan capaian. Lalu, pengurangan poin untuk temuan audit yakni -10 poin.

Lebih lanjut, Franova juga menjelaskan mengenai Analisa IKU dan beberapa catatan dari tahun ke tahun. Misalnya, terdapat Analisa IKU 2 yang menghasilkan beberapa catatan yakni pada tahun 2020 merupakan tahun pertama program ini, sehingga pemahaman dalam pelaksanaan dan pendataan masih perlu dioptimalkan. Pada PT perlu memastikan ketepatan pelaporan data dengan memilih status aktivitas kampus merdeka dan pengisian konversi Satuan Kredit Semester (SKS). Lebih lanjut, untuk pendataan prestasi selanjutnya akan dikaitkan dengan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) agar data yang masuk dapat lebih terverifikasi. Usai memaparkan materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Pentas Seni Budaya UNS Kembali Digelar, FKIP UNS menjadi Tuan Rumah

UNS --- Pentas seni dan budaya Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali digelar. Kali...

FISIP UNS Raih Juara 1 Lomba Kampus Inklusi antar Fakultas di Lingkungan UNS

UNS --- Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

UNS Umumkan Pemenang Lomba Rangkaian Dies Natalis ke-46 UNS

UNS --- Rangkaian acara Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah...

Seminar ABP HMJA FEB UNS, Matangkan Persiapan menjadi Wirausahawan

UNS --- Departemen Business Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) Fakultas Ekonomi dan...

Perluas Jejaring Internasional, FT UNS Tandatangani PKS dengan Tongmyong University, Korea

UNS --- Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani...

FP UNS Gelar Seminar Nasional Bahas Digitalisasi Pertanian Menuju Kebangkitan Ekraf

UNS --- Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar seminar...

Dosen Sosiologi FISIP UNS Gelar FGD, Bahas Persiapan Akreditasi Internasional Prodi S1 Sosiologi

UNS --- Dosen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Bisnis Mi Ayam Goreng Mahasiswa UNS Dapat Investasi 50 Persen dari Menteri Investasi/Kepala BKPM RI, Siapa Sosoknya?

UNS --- Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia,...

Dosen FEB UNS Sampaikan Cara Perencanaan Karir sebagai Mahasiswa Akuntansi

UNS --- Masifnya perkembangan era digital, mengakibatkan kemunculan beragamnya profesi yang...

Mahasiswa UNS Raih Juara 2 Lomba Feature News Kusala Jurnalistik 2022

UNS --- Prestasi membanggakan di tingkat nasional kembali diraih oleh mahasiswa Universitas...