Inovasi Media Pembelajaran Berbasis IT Karya Tim Arunika UNS Raih Juara 2 dalam ITC 2021

Inovasi Media Pembelajaran Berbasis IT Karya Tim Arunika UNS Raih Juara 2 dalam ITC 2021

UNS — Tim Arunika Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sukses raih juara 2 pada lomba media pembelajaran berbasis IT. Torehan prestasi tersebut mereka dapatkan setelah mengikuti ajang Information Technology Competition 2021. Tim ini beranggotakan tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Administrasi Perkantoran (PAP) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS. Mereka adalah Muhammad Hilmi Sabitul Azmi, Mahendra Arya Wisnu P., Rahmi Riyani.

Kepada uns.ac.id Azmi menjelaskan media pembelajaran yang Tim Arunika usung ini yaitu mengolaborasikan aspek belajar dan bermain. Pada prinsipnya, siswa diarahkan menuju pos-pos tertentu. Metode ini dikenal juga dengan istilah go to your post.

“Kami membuat sebuah media pembelajaran yang memang terintegrasi dengan multi platform dengan berbagai website dan aplikasi. Kami membuat sebuah media pembelajaran yang berbasis teknologi yang bisa diaplikasikan selama pandemi,” terang Azmi, Senin (29/11/2021).

Umumnya, metode belajar seperti ini dilaksanakan secara luring. Tim Arunika melakukan modifikasi pada metode ini sehingga dapat dilaksanakan secara daring. Mereka mengintegrasikan beberapa aplikasi utama dalam menunjang pembelajaran seperti Google Drive, QR Code Scanner, dan QR Code Generator. Adapun aplikasi pendukung seperti Canva atau Corel Draw untuk pembuatan desain.

Dalam pelaksanaannya, siswa akan diberikan sebuah soal dalam bentuk poster yang berisikan kumpulan QR Code di dalamnya. Beberapa QR Code tersebut merupakan pos-pos yang disediakan secara acak. Siswa diminta untuk menentukan urutan pos yang tepat dengan dibantu beberapa petunjuk yang diberikan oleh gurunya. Setiap pos memiliki petunjuknya masing-masing yang akan mengarahkan para siswa menuju pos selanjutnya.

“Jadi, media pembelajaran ini adalah permainan sebetulnya. Siswa tidak merasa lagi belajar tapi merasa lagi bermain. Menjadi detektif dan menyelesaikan masalah,” tutur Azmi.

Walaupun media pembelajaran berbasis IT ini mereka rancang untuk siswa pendidikan sekolah dasar, Tim Arunika menilai bahwa itu juga dapat dipakai di semua jenjang. Selama siswa mampu mengoperasikan teknologi, maka media ini dapat dipakai. Selain itu, media pembelajaran milik Tim Arunika ini juga dapat menjadi rekomendasi bagi mahasiswa yang akan melakukan kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP). Hal-hal baru yang ada ditawarkan media ini akan cocok dibawakan kepada siswa.

Azmi juga membagikan tips supaya media pembelajaran ini dapat digunakan secara optimal. Yang pertama, mulailah dengan niat. Selain itu, kreativitas dalam membuat desain yang menarik walau sederhana. Serta keuletan dalam menggunakan aplikasi-aplikasi utama penunjang pembelajaran ini.

Inovasi Media Pembelajaran Berbasis IT Karya Tim Arunika UNS Raih Juara 2 dalam ITC 2021

Atas pencapaian yang telah diraih ini, mereka mengaku senang dan bangga. Walaupun pesaingnya merupakan mahasiswa tingkat akhir, mereka tetap yakin dan serius dalam berkompetisi. Mereka juga berterima kasih kepada dosen pembimbing dan Prodi PAP UNS yang turut berkontribusi dalam raihan prestasi ini.

“Karena dipersiapannya juga kami tidak main main, kami serius. Dalam bimbingan dosen juga serius. (perwakilan) UNS kan yang disebut bukan timnya Azmi, tapi kan disebutnya tim UNS. Ada kebanggaan tersendiri,” tutur Azmi.

Kedepannya mereka berharap dapat menggunakan media pembelajaran ini ketika melaksanakan PLP. Lebih luas lagi, media pembelajaran ini juga dapat bermanfaat bagi guru-guru sebagai inovasi atau pilihan alternatif dalam pengajaran di kelas. Media pembelajaran ini diyakini dapat memberikan suasana baru dan tidak membuat siswa cepat bosan.

Ajang yang Tim Arunika UNS ikuti ini digagas oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Bertajuk Informatiion Technology Competition (ITC) 2021, perlombaan ini memberikan wadah bagi mahasiswa FKIP se-Indonesia untuk merancang media pembelajaran berbasis IT. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content