UNS — Menjajal pengalaman sebagai volunteer dan pemagang di ranah profesional memang menjadi salah satu pilihan tepat untuk mahasiswa membekali diri sebelum lulus dari dunia perkampusan.

Hal inilah yang juga dilakukan Raditia Yoke Pratama, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sosiologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dengan menjadi Content Writer di Pemimpin.id—sebuah start-up sosial yang memiliki tujuan utama membentuk ekosistem bagi pemimpin yang efektif, inklusif, dan memberdayakan di Indonesia.

Bergabung sejak Maret 2021 hingga kini, khususnya di divisi Research and Development (RnD), Yoke harus lebih dulu mengirimkan dua jenis artikel laman dan satu jenis redaksi untuk konten Instagram sebagai tahapan seleksi.

Ada tiga produk yang harus Yoke produksi dalam satu pekan, yaitu satu artikel laman, satu redaksi untuk konten carousel (berhalaman) Instagram, dan satu konten oneslide untuk Instagram yang memiliki topik berbeda dengan dua konten sebelumnya.

Menulis artikel di laman Pemimpin.id merupakan tugas utama Yoke yang menariknya berupa konten Leadership Review yakni ulasan berbagai topik kepemimpinan. Salah satu yang pernah ia tulis ialah artikel berjudul Kita Mungkin Saja Melakukan Micromanaging Tanpa Sadar.

“Dari artikel tersebut, saya filter beberapa redaksi untuk dijadikan konten carousel (berhalaman) di Instagram Pemimpin.id. Lalu dari redaksi konten carousel itu akan didesain menjadi poster untuk feed Instagram oleh Divisi Media,” tutur Yoke kepada uns.ac.id, selasa (22/6/2021).

Saat membuat ketiga produk tersebut, Yoke diharuskan untuk riset primer dan sekunder. Riset primer dapat berupa wawancara dengan para ahli atau sebar kuisioner, sedangkan riset sekunder adalah mengambil dari sumber internasional.

Referensi yang digunakan, tentunya harus dari sumber kredibel dan sangat dianjurkan dari jurnal atau laman internasional. Hal tersebut merupakan ketentuan khusus, selain ketentuan lain seperti mematuhi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), format penulisan, dan lain-lain.

Pengalaman Yoke selama menempuh studi di Sosiologi UNS pun sangat bermanfaat dalam proses pembuatan konten, seperti kebiasaan riset, menulis, wawancara, dan sebar kuisioner. “Kemampuan analisis dan critical thinking-nya sangat terpakai. Jadi tidak kaget lagi dan sudah terbiasa,” tutur mahasiswa angkatan 2018 ini.

Tidak melulu menulis, Yoke sering terlibat dalam berbagai proyek lainnya. Saat ini, ia terlibat dalam riset untuk User Persona dan diajak untuk menjadi kontributor salah satu proyek buku Pemimpin.id.

Ia pun terlibat sebagai panitia dalam proyek Divisi RnD, yaitu Pemimpin.id Content Creator Contest—sebuah lomba dan pelatihan content writing dari Pemimpin.id.

Temukan Wadah yang Tepat

Yoke mendaftarkan diri sebagai volunteer di Pemimpin.id karena beberapa alasan. Pertama, ingin masuk dan merasakan dunia profesional sebagai bekal pascakampus. Kedua, belajar tentang pengembangan sebuah start-up.

Lalu ketiga, meluaskan jejaring dan kenal dengan orang yang satu visi. Keempat, melatih dan mengembangkan kemampuan menulis. Kelima, belajar kepemimpinan dan pengembangan diri.

Keinginan tersebut akhirnya juga dibarengi dengan berbagai tantangan. Selain cukup menyita waktu karena ada beberapa hal yang harus ia kerjakan, tantangannya adalah bagaimana bisa terus beradaptasi dengan iklim profesional dan terus belajar dengan hal-hal baru.

Kendati demikian, Yoke mengaku banyak pembelajaran yang ia peroleh. Bahkan ia berencana melanjutkan keterlibatannya di Pemimpin.id untuk mendapatkan pengalaman kerja yang lebih lama lagi.

“Karena aku merasa lagi ada di wadah yang aku banget. Yang aku suka juga adalah kulturnya yang luar biasa suportif. Tiap Senin, Rabu, dan Jumat kita ada daily and weekly meeting. Di situlah energiku selalu tumbuh dan tertantang. Lalu, bisa ketemu dengan orang-orang hebat yang humble. Itu experience luar biasa tersendiri. Dan masih banyak lagi,” ungkap Yoke seraya tertawa. Humas UNS

Reporter: Kaffa Hidayati
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

2
1

Tim Pengabdian PG-PAUD UNS Dampingi Guru Lakukan PTK

UNS --- Tim pengabdian Dosen Prodi Pendidikan Guru PAUD Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Wujudkan MBKM, FRSD UNS Inisiasi Lompatan Kreatif bersama HIMKI

UNS --- Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tengah...

Dosen UNS Bagikan Tips Membangun Budaya Investasi di Era Digital

UNS --- Kemajuan teknologi di era digital memberikan tantangan yang besar bagi manusia sebagai...

Hebat! Tim Basket UNS Ukir Prestasi pada Ajang PANTASI 2021

UNS --- Rona bahagia menyelimuti tim basket Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret...

Tulis Opini tentang Pembelajaran Daring di Masa Pandemi, Mahasiswa UNS Raih Juara 3

UNS --- Nama Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali berjaya di ajang nasional. Kali ini...

Membanggakan! Mahasiswa FP UNS Raih Penghargaan Verbal Commendation di Ajang International MUN Conference 65.0 UNDP

UNS --- Mas Shafira Azhari, mahasiswi Program Studi (Prodi) Ilmu Teknologi Pangan Fakultas...

Tingkatkan Tridharma di Bidang Kehutanan, UNS Jajaki Kerja Sama dengan Perhutani

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjajaki kerja sama dengan Perusahaan Umum...

Rektor UNS Sampaikan Perguruan Tinggi Miliki Peran Strategis dalam Pembangunan Nasional

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum.,...

UNS Jalin Kerja Sama dengan PT. Evos Esports Indonesia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sepakat untuk menjalin kerja sama dengan PT....

PUI Javanologi UNS Inisiasi Bantuan Peralatan kepada Perpustakaan Rekso Pustoko dari Keluarga Akbar Tandjung

UNS --- Pusat Unggulan Iptek (PUI) Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...