UNS – Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE), tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengkaji potensi penjernihan kembali (remediasi) anak Sungai Bengawan Solo yang tercemar limbah pewarna batik berbahaya. Hasilnya mengatakan, Nano-Technology bernama nano sheet carbon nitride mampu mengatasi limbah dan meremediasi air sungai tersebut.

Adapun ketiga mahasiswa di atas ialah Huwaida Ikbar, Muhammad Hakim Muzakky dan Harry Pramudya Rivelino yang berasal dari Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Fakultas Teknik (FT) UNS. Kepada uns.ac.id, Huwaida Ikbar menjelaskan bahwa nano sheet carbon nitride merupakan material tipis berukuran kurang dari 100 nano meter.

“Berdasarkan literatur yang dikaji material ini memiliki kemampuan untuk mengembalikan kejernihan air yang telah tercemar limbah pewarna organik hingga 100% dengan bantuan sinar matahari. Seperti rodhamine B, methylene blue, methanol yellow, tartrazin, dan methyl orange,” jelas Huwaida Ikbar dalam rilisnya, Jumat (20/11/2020).

Di sisi lain, meski memiliki tingkat efektivitas yang cukup tinggi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa material ini bisa disintesis secara sederhana dan ramah lingkungan dari melamin. Yakni sebuah material yang murah dan mudah didapatkan.

“Penggunaan nano sheet carbon nitride di lingkungan perairan juga cukup aman, mengingat karbonitrida-nya terdiri dari karbon dan nitrogen tanpa daun surlogam yang berbahaya,” tambah Huwaida Ikbar.

Kajian yang dilakukan Huwaida dan tim ini tidak terlepas dari fakta kurang optimalnya pengolahan limbah pewarna batik di Surakarta. Sebagaimana diketahui, Surakarta memang menjadi salah satu kota dengan produksi batik terbesar dengan pengrajin sebanyak 254 orang di mana 200 diantaranya berada di Kecamatan Laweyan.

Namun, karena terbatasnya jumlah instalasi pengolahan air limbah dan kurangnya pertimbangan dampak lingkungan di daerah tersebut, sebagian besar limbah pewarna batik dari industri kecil menengah dibuang langsung ke sungai.

“Dan karena limbah pewarna industri batik terbuat dari senyawa organik beracun yang tidak dapat terurai secara alami, pencemaran sungai tidak dapat dicegah. Polusi yang disebabkan oleh air limbah ini pun tidak hanya berbahaya bagi kehidupan akuatik seperti ikan dan tumbuhan air, tetapi juga dalam banyak kasus bersifat mutagenik bagi manusia,” ungkap Huwaida.

Mereka pun berharap, penerapan teknologi nanosheet carbon nitride tidak hanya mengembalikan kejernihan air di anak Sungai Bengawan Solo. Akan tetapi juga mengembalikan keberlangsungan ekosistem yang berada di sungai tersebut dan tidak mengganggu kesehatan manusia. Humas UNS

Reporter: Kaffa Hidayati
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Dosen dan Ormawa UNS Lolos menjadi Nominasi Abdidaya 2021

UNS --- Dosen dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta lolos...

Mahasiswa Seni Rupa Murni 2021 Gelar Pameran Virtual Fotografi

UNS --- Pandemi yang sudah berlangsung hampir dua tahun nyatanya tidak membatasi kreativitas...

HMP Pendidikan Fisika Grafitasi Gelar Pelatihan Desain Grafis

UNS --- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Fisika Grafitasi Fakultas Keguruan dan...

Kelas Hello Startup Solo Raya Ketujuh Singgung Masalah Manajemen Keuangan

UNS --- Kemunculan startup semakin masif pada satu dekade terakhir. Banyak kalangan yang memilih...

Rancang Jembatan Tipe Arc-Truss, Tim Semar Mustaqiim UNS Sabet Juara 1 Nasional D’Village 10th Edition

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sukses raih prestasi tingkat nasional...

Wedangan IKA UNS Seri 85: Yang Muda yang Berkarya

UNS --- Kiprah alumni merupakan salah satu indikator penting dalam meningkatkan performa...

Pramuka UNS Gelar Webinar Anti Penyalahgunaan Napza

UNS --- Pramuka Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Webinar Anti Penyalahgunaan...

Tim Mahasiswa FK UNS Raih Juara 3 Poster Publik ARC 2021

UNS --- Mahasiswa Universistas Sebelas Maret (UNS) Surakarta raih juara 3 nasional Ar-Razi...

Mahasiswa UNS Juara 1 Lomba Debat Nasional Amoeba 2021

UNS --- Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Teater Oase Gelar Pentas Besar HWJN, Kala Lengkara Dihempas Ego dan Cinta

UNS --- Teater Program Studi (Prodi) Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas...