LPPMP UNS: Bangun dan Kembangkan UNS Sebagai Kampus Benteng Pancasila

by | Mar 17, 2021 15:00 | Berita Terkini

UNS — Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (LPPMP UNS) kembali menggelar Webinar Nasional dengan tema “Membangun dan Mengembangkan Kampus Benteng Pancasila” yang dilaksanakan melalui Zoom Video Conferencing pada Senin (15/3/2021). Acara tersebut dihadiri oleh Ketua LPPMP UNS Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd dan Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum bertindak sebagai keynote speaker. Menghadirkan lima narasumber, webinar tersebut diharapkan dapat melahirkan gagasan-gagasan baru guna mengembangkan nafas Pancasila dalam kehidupan Kampus UNS. Kelima narasumber yang hadir diantaranya Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum, Dr. Hassan Suryono, S.H,M.H.M.Pd, Dr. Isharyanto, S.H., M.Hum, dan Dr. Winarno S.Pd., M.Si serta Dr. Triyanto, S.H., M.Hum.

Keresahan masuknya paham radikalisme dan terorisme disampaikan oleh Dr. Karjono selaku Sekretaris Utama BPIP sekaligus narasumber dalam Webinar Nasional “Membangun dan Mengembangkan Kampus Benteng Pancasila”. Mengutip survei yang dilakukan oleh BNPT, sebanyak 85% milenial rentan terpapar radikalisme. Hal tersebut dikarenakan belum tumbuhnya ketertiban sosial, ketertiban hukum, dan itikad baik dalam bermedia sosial dalam diri milenial. Oleh karena itu, kampus menjadi salah satu sarana untuk membumikan ideologi Pancasila sesuai dengan komitmennya dalam membentuk karakter dan kepribadian bangsa.

Sejak tanggal 1 Oktober 2019, UNS telah mentasbihkan diri sebagai Kampus Benteng Pancasila yang berupaya untuk membentengi paham radikalisme. Kampus Benteng Pancasila merupakan kampus yang mengamalkan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila. Salah satu bukti nyata dari komitmen tersebut adalah dibangunnya enam tempat peribadatan di area Kampus UNS yang mengakomodasi agama-agama di Indonesia. Keenam tempat peribadatan diantaranya masjid, gereja bagi umat Kristen, gereja bagi umat Katolik, vihara, pura, dan kelenteng.

Selain membangun lingkungan yang bernafas Pancasila, UNS juga berkomitmen untuk mengembangkan Kampus Benteng Pancasila melalui kegiatan pembelajarannya. Hal tersebut dijelaskan oleh Prof. Dr. Jamal Wiwoho selaku Rektor UNS yang menjadi keynote speaker dalam acara kali ini.

“Standar kompetensi Kampus Benteng Pancasila adalah kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan sivitas akademika UNS dalam mewujudkan kegiatan pembelajaran dan administrasi yang religius, manusiawi, bersatu, demokratis dan adil,” Jelas Prof. Jamal.

Standar dan indikator Kampus Benteng Pancasila juga dijabarkan oleh Dr. Hassan Suryono selaku Koordinator Bidang Pancasila P3MKU LPPMP UNS. Menurut Dr. Hassan Suryono, tercapainya standar dan indikator tersebut merupakan tanggung jawab dari beberapa pihak-pihak terkait, diantaranya rektor, wakil rektor di bidang riset, akademik, dan kemahasiswaan, wakil rektor bidang umum dan sumber daya manusia, wakil rektor bidang riset dan inovasi, wakil rektor bidang perencanaan, kerjasama bisnis dan informasi dan ketua LPPMP, serta dekan dan anggota penyusun standar kampus benteng Pancasila.

Melalui pembangunan sarana yang didukung dengan pengembangan nilai-nilai Pancasila dalam administrasi dan kegiatan pembelajaran, diharapkan dapat mewujudkan kehidupan Kampus UNS yang harmonis, toleransi dan saling menghargai setiap perbedaan yang ada. Perlu ditekankan juga bahwa pelaksanaan Kampus Benteng Pancasila tidak mungkin terwujud tanpa lingkungan belajar yang efektif. Hal serupa disampaikan oleh Dr. Triyanto selaku Kaprodi S2 PPKn UNS yang mengisi materi mengenai Strategi Pengembangan Kampus Benteng Pancasila. Humas UNS

Reporter: Alinda Hardiantoro
Editor: Dwi Hastuti

Tags :

Viral di Tiktok, Aksi Bersih-Bersih Sampah oleh Mahasiswa UNS Tuai Pujian Warganet

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam beasiswa Rumah...

Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Bersama PPII Jateng Selenggarakan Webinar Nasional

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan...

Peringati Hari Gizi Nasional, Rumah Sakit UNS Gelar Talkshow Bahas Stunting

UNS --- Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ialah dengan...

LPM Novum FH UNS Gelar Webinar Bahas Dekadensi Regulasi Perlindungan Anak

UNS – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Novum Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Bagaimana Keikutsertaan Masyarakat dalam Mewujudkan Siaran Berkualitas? Berikut Tanggapan Pakar Hukum UNS

UNS --- Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi semakin berkembang cepat terlebih di era...

FK UNS Jalin Kerja Sama dengan LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah

UNS --- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama...

Koordinasi Kemitraan antara UNS dan SEA Today Bahas Beberapa Kesepakatan

UNS --- Rapat bersama antara Pusat Unggulan Iptek (PUI) Perguruan Tinggi (PT) Center of Fintech...

Prodi S-3 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Luluskan Doktor Baru

UNS — Program Studi (Prodi) S-3 Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)...

Tergabung dalam Dhaharan.id, Mahasiswa UNS Gelar Bakti Sosial di Dua Tempat

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar bakti sosial di...

FEB UNS Jalin Kerja Sama Pengabdian dengan BNI Hong  Kong

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama...