Munas IKA UNS 2015: Seminar Nasional “Kontribusi Alumni untuk Bangsa”

by | Sep 24, 2015 17:00 | Berita Terkini

Seminar Nasional "Kontribusi Alumni untuk Bangsa" dan Musyawarah Nasional IV IKA UNS yang berlangsung di aula gedung Pascasarjana, Sabtu (19/09/2015).

Seminar Nasional “Kontribusi Alumni untuk Bangsa” dan Musyawarah Nasional IV IKA UNS yang berlangsung di aula gedung Pascasarjana, Sabtu (19/09/2015).

Selain menyusun kepengurusan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) periode 2015-2020, Musyawarah Nasional (Munas) ke-4 juga diramaikan dengan seminar nasional, Sabtu (19/09/2015). Sebelum Munas ke-4 IKA UNS berlangsung, perwakilan alumni tiap fakultas yang merupakan pembicara menyampaikan materi pada kegiatan seminar nasional. Dengan mengangkat tema “Kontribusi Alumni untuk Bangsa”, kegiatan yang dimulai sekitar pukul 09.30 WIB tersebut menghadirkan pembicara yang sudah berhasil menduduki jabatan tinggi di pemerintah, bisnis, dan masyarakat. Mereka di antaranya Wakil Direktur Utama PT Wijaya Karya, Budi Harto, (plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, pengusaha nasional Hariyanto, dan Kepala SMF Bedah RSI Surakarta Sri Pratomo.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNS Ravik Karsidi menyampaikan apresiasinya kepada panitia dan seluruh civitas akademika UNS yang telah menyelenggarakan Seminar Nasional juga Munas ke-4 IKA UNS. “Saya ingin memberikan apresiasi hari ini untuk seminar nasional dengan tema Kontribusi Alumni untuk Bangsa. Seperti halnya universitas lain, seharusnya alumni UNS sudah dapat berkontribusi memberikan sumbang pikir kepada bangsa,”tutur Ravik dalam sambutannya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bambang Dwi Wahyudi ,ketua panitia yang sekaligus menjabat sebagai sekretaris formatur, bahwa alumni UNS yang berjumlah kurang lebih 150 ribu seharusnya mampu memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia. Apalagi mengingat banyaknya jabatan penting pemerintahan yang sudah dipegang alumni UNS, seperti gubernur, jenderal, DPR/MPR, dirjen/irjen, walikota/bupati, rektor, profesor, peneliti, jaksa agung, dan lain sebagainya.

Setelah aksi panggung PSM Voca Erudita, ketujuh pembicara menyampaikan gagasannya tentang kontribusi alumni UNS untuk bangsa Indonesia. Dengan durasi masing-masing pembicara lima belas menit, Arsyadjuliandi mengawali materi dengan lebih menitik beratkan pada pengelolaan sumber daya alam di Riau. Gubernur Riau itu pun juga mengisahkan dirinya semasa kuliah.

Selain Arsyadjuliandi, Teguh Supriyanto mengutarakan gagasannya tentang kontribusi yang dapat dilakukan oleh alumni Jurusan Sastra, khususnya. Menurutnya, tantangan kualitas alumni ke depan semakin tinggi. Sehingga kita perlu mengedepankan karya, kerja, dan kerja. “Selain karya dan kerja, keberanian, nekat, dan banyak membaca dapat menjadi kunci keberhasilan kita ke depan,”ujar alumni Fakultas Sastra (sekarang Fakultas Ilmu Budaya) UNS ini.

Setelah ketujuh pembicara menyampaikan gagasan sesuai bidang ilmunya, seminar nasional tersebut ditutup dengan pembacaan kesimpulan oleh moderator, Supriyatno. “Alumni UNS itu luar biasa, penuh kebanggaan. Jangan berkecil hati ketika UNS dipersepsikan dengan stereotip nomer dua. Kedepan bukan hanya esensi saja yang kita dapatkan, tapi juga sensasi yang luar biasa,”ucap Suprayitno mengakhiri seminar nasional. [] (afifah.red.uns.ac.id)

Tags :

Viral di Tiktok, Aksi Bersih-Bersih Sampah oleh Mahasiswa UNS Tuai Pujian Warganet

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam beasiswa Rumah...

Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Bersama PPII Jateng Selenggarakan Webinar Nasional

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan...

Peringati Hari Gizi Nasional, Rumah Sakit UNS Gelar Talkshow Bahas Stunting

UNS --- Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ialah dengan...

LPM Novum FH UNS Gelar Webinar Bahas Dekadensi Regulasi Perlindungan Anak

UNS – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Novum Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Bagaimana Keikutsertaan Masyarakat dalam Mewujudkan Siaran Berkualitas? Berikut Tanggapan Pakar Hukum UNS

UNS --- Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi semakin berkembang cepat terlebih di era...

FK UNS Jalin Kerja Sama dengan LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah

UNS --- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama...

Koordinasi Kemitraan antara UNS dan SEA Today Bahas Beberapa Kesepakatan

UNS --- Rapat bersama antara Pusat Unggulan Iptek (PUI) Perguruan Tinggi (PT) Center of Fintech...

Prodi S-3 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Luluskan Doktor Baru

UNS — Program Studi (Prodi) S-3 Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)...

Tergabung dalam Dhaharan.id, Mahasiswa UNS Gelar Bakti Sosial di Dua Tempat

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar bakti sosial di...

FEB UNS Jalin Kerja Sama Pengabdian dengan BNI Hong  Kong

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama...