PKM UNS Berdayakan Kualitas dan Pemasaran UKM Coklat Tin Desa Plumbon

Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Hibah Group Research (HGR UNS) tahun 2023. Mengangkat judul “Pemberdayaan Peningkatan kualitas dan Pemasaran UKM Coklat Tin Desa Plumbon Tawangmangu”, PKM dilaksanakan pada Kamis (25/52023).

Kegiatan PKM ini dilaksanakan oleh Tim Research Group (RG) Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM (PSP-KUMKM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pusat studi ini dipimpin dengan ketua Pengabdian Dr. Erlyna Wida Riptanti, S.P., M.P, dengan anggota tim Raden Kunto Adi, S.P., M.P, Dr. Harini, M.Pd, dan Dr. Ir. Heru Irianto, M.M.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kebun Buah Tin Watusambang, dengan alamat mitra di Watusambang, RT 4/ RW 6, Tarukan Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, dengan penanggung jawab Warta Kusuma.

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah mengatasi permasalahan UMKM mitra. Produksi masih belum efisien karena cetakan masih terlalu kecil ukurannya sehingga sekali cetak hanya sedikit yang dihasilkan. Selain itu, cetakan yang ada saat ini tidak mencetak nama merk/brand pada coklatnya, sehingga kurang mencerminkan brand image bagi konsumennya. Kemasan dianggap kurang menarik dan kurang menginformasikan secara baik dan benar tentang coklat tin, sehingga dianggap menggunakan bahan baku perasa tin bukan buah tin asli.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tim pengabdi melaksanakan beberapa kegiatan dan introduksi teknologi ke UKM mitra. Pertama, pengadaan pencetak coklat yang lebih besar dan bertuliskan merk secara timbul. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan produksi coklat dengan kuantitas, kualitas dan kontinyuitas produksi yang lebih tinggi, ada peningkatan 25 % per tahun.

Kedua, pengadaan pencetak selain menambah besar produknya, namun juga menambah brand image yaitu dengan menambahkan / mencetak merek pada setiap batang coklat yang diproduki. Ketiga, pengadaan kemasan produk Coklat Tin.

“Hasil yang diharapkan adalah peningkatan kualitas kemasan dan menarik sehingga diharapkan pemasaran produk coklat tin ini meningkat,” Dr. Erlyna.

Luaran kegiatan pengabdian ini yaitu, Penambahan 1 unit pencetak coklat yang sekaligus pencetak tersebut juga dapat mencetak merek dalam setiap batang produk coklat; Kemasan yang berdesain baru; Perluasan pasar ke pusat oleh oleh di Solo Raya; Pendapatan UMKM mitra meningkat 20 persen dari sebelum program; Publikasi 1 artikel pada jurnal terindeks sinta; Publikasi 1 artikel pada media online; Publikasi video kegiatan pada youtube; dan Diperolehnya hak cipta.

Humas UNS/ Rangga

Skip to content