Prodi S-1 Manajemen UNS Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga Melalui Leadership Webinar

Prodi S-1 Manajemen UNS Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga Melalui Leadership Webinar

UNS — Program studi (Prodi) S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Leadership Webinar, Senin (26/7/2021). Webinar ini mengangkat tema “An Overview of the Departmental Leadership Role: Scope, Framework, and Scorecard” dan diselenggarakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting. Kegiatan tersebut dihadiri Prof. Arifin Angriawan, Ph.D., dari Purdue University Northwest, USA selaku narasumber. Diadakannya webinar tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2021.

Dilansir dari laman feb.un.ac.id, Dr. Atmaji, M.M., selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) S-1 Manajemen dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga, terutama Prodi S-1 Manajemen. Hal ini dimaksudkan agar Prodi S-1 Manajemen UNS mampu menjadi program studi berkinerja unggul di tingkat nasional dan internasional.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, diharapkan dukungan dan peran serta aktif dari Bapak dan Ibu dosen Manajemen agar bersama-sama meningkatkan kualitas aktivitas akademik dan aktivitas lain di masa yang akan datang” tegasnya.

Dalam webinar ini, Prof. Arifin Angriawan menyampaikan pengelolaan kelembagaan dilihat dari berbagai perspektif. Hal tersebut dimulai dari berbagai sumber daya, dosen, kurikulum, proses pembelajaran, kemahasiswaan, dan dampaknya pada pihak ekternal. Beliau juga memaparkan pengalaman best practice atas pengelolaan kelembagaan di Purdue University Northwest berdasarkan akreditasi internasional Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB).

Prof. Arifin Angriawan menjelaskan bahwa pengelolaan lembaga berdasarkan standar terbaru dari AASCB terdapat sebanyak 9 standar. Lebih lanjut terkait penjelasannya, kesembilan standar tersebut mencakup strategic planning; physical, financial, and virtual resources; faculty and professional staff resources; curriculum; assurance of learning; learner progression; teaching effectiveness and impact; impact of scholarship; and engagement and societal impact.

Prof. Arifin Angriawan menambahkan bagaimana cara mengimplementasikan scorecard framework pada lembaga. Implementasi scorecard framework tersebut juga mencakup evaluasi dari target yang sudah ditentukan, sehingga dapat diamati perubahan kelembagaan.
Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content