Pusat Bahasa Mandarin UNS Meriahkan Tahun Baru Imlek di The Park Mall Solo Baru

by | Jan 24, 2023 16:08 | Berita Terkini

UNS — Pusat Bahasa Mandarin (PBM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar perayaan Tahun Baru Imlek di The Park Mall Solo Baru pada Senin (23/1/2023). Selain untuk menyemarakkan Tahun Baru Imlek, acara ini juga bertujuan untuk mempromosikan Program Studi (Prodi) Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS dan memperkenalkan budaya Tiongkok.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Prof. Dr. Warto, M.Hum. selaku Dekan FIB UNS; Direktur Confucius Institute (PBM) UNS, Stephanie Phanata, B.Ed., M.TCSOL.; Kepala Program Studi (Kaprodi) S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok, Dr. M. Bagus Sekar Alam, S.S., M.Si.; dan Kaprodi D3 Bahasa Mandarin, Kristina Indah Setyo Rahayu, B.Ed., M.TCSOL.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Dr. M. Bagus Sekar Alam, S.S., M.Si. selaku Kaprodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa saat ini telah berdiri Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok yang bekerja sama dengan Xihua University. Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok memiliki tiga konsentrasi bidang yakni bahasa Mandarin untuk jurnalis dan media, bahasa Mandarin untuk pengajaran, serta bahasa Mandarin untuk sastra dan budaya Tiongkok. Selain itu, Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok juga memiliki program double degree yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa semester lima yang memenuhi kualifikasi untuk berkuliah di Xihua University guna memperoleh dua gelar, satu dari UNS, satu dari Xihua University. Di akhir sambutan Dr. Bagus memohon doa restu dari para hadirin agar Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Budaya Tiongkok UNS dapat menjadi prodi favorit di Indonesia

“Hadirnya prodi kami, bisa menjadi kesempatan Bapak Ibu hadirin untuk menguliahkan putra-putri Bapak Ibu di prodi kami. Mohon doa restu dari hadirin semua, semoga bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya dan tetap menjadi suatu prodi yang favorit di Indonesia,” kata Dr. Bagus.

Acara dilanjutkan oleh sambutan dari Kristina Indah Setyo Rahayu, B.Ed., M.TCSOL. selaku Kaprodi D3 Bahasa Mandarin UNS. Dalam sambutannya, Kristina mengungkapkan bahwa D3 Bahasa Mandarin UNS berada di bawah naungan Sekolah Vokasi (SV) UNS. Prodi ini telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan tingkat nasional maupun internasional.

“Diharapkan mahasiswa D3 Bahasa Mandarin bisa mendapatkan kesempatan lulus dan bermanfaat di masyarakat,” ungkap Kristina.

Direktur Pusat Bahasa Mandarin pihak Tiongkok, Ms. Lucy, M.Sc. menyampaikan sambutan dalam bahasa Mandarin. Dalam sambutannya, Ms. Lucy mengucapkan selamat tahun baru Imlek dan berharap agar kesehatan, keberkatan, dan kebahagiaan selalu menyertai dirinya dan para hadirin.

Usai sambutan dari Ms. Lucy, terdapat penampilan ghuzeng dari PBM UNS. Dalam lagu pertama ghuzeng yang ditampilkan menceritakan perayaan musim semi di Kota Yan’An Tiongkok secara meriah. Penampilan tersebut amat diapresiasi hadirin dengan riuhnya tepukan tangan yang terdengar.

Dekan FIB UNS, Prof. Warto mengucapkan terima kasih kepada PBM dan Xihua University Tiongkok yang telah memberi dukungan penuh pada acara ini. Ia berharap agar Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok yang baru saja dibuka bisa mendapatkan respons positif dari masyarakat.

“Kami berharap prodi yang baru dibuka bisa mendapatkan respons positif dari masyarakat Surakarta khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Dari pendidikan, mari kita bangun untuk memajukan Indonesia,” kata Prof. Warto dalam sambutannya.

Setelah acara resmi dibuka oleh Prof. Warto, acara dilanjutkan dengan penampilan Tai Qi yakni seni bela diri dari Tiongkok. Terlihat lima orang tampil dengan lincah di depan panggung menunjukkan beberapa gerakan Tai Qi. Mereka berpakaian warna putih dengan motif yin dan yang yang terlihat samar. Terdapat pula penampilan tarian dan peragaan busana Tiongkok. Selain acara yang berada di panggung, pada sisi kanan panggung, terdapat stand yang menyuguhkan tulisan kaligrafi Shufa dan perkenalan budaya gunting kertas. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Redaktur: Dwi Hastuti

Viral di Tiktok, Aksi Bersih-Bersih Sampah oleh Mahasiswa UNS Tuai Pujian Warganet

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam beasiswa Rumah...

Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Bersama PPII Jateng Selenggarakan Webinar Nasional

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan...

Peringati Hari Gizi Nasional, Rumah Sakit UNS Gelar Talkshow Bahas Stunting

UNS --- Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ialah dengan...

LPM Novum FH UNS Gelar Webinar Bahas Dekadensi Regulasi Perlindungan Anak

UNS – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Novum Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Bagaimana Keikutsertaan Masyarakat dalam Mewujudkan Siaran Berkualitas? Berikut Tanggapan Pakar Hukum UNS

UNS --- Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi semakin berkembang cepat terlebih di era...

FK UNS Jalin Kerja Sama dengan LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah

UNS --- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama...

Koordinasi Kemitraan antara UNS dan SEA Today Bahas Beberapa Kesepakatan

UNS --- Rapat bersama antara Pusat Unggulan Iptek (PUI) Perguruan Tinggi (PT) Center of Fintech...

Prodi S-3 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Luluskan Doktor Baru

UNS — Program Studi (Prodi) S-3 Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)...

Tergabung dalam Dhaharan.id, Mahasiswa UNS Gelar Bakti Sosial di Dua Tempat

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar bakti sosial di...

FEB UNS Jalin Kerja Sama Pengabdian dengan BNI Hong  Kong

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama...