Search
Close this search box.

Wisuda UNS Diadakan Tiap Bulan

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberlakukan kebijakan baru, yakni penyelenggaraan wisuda sekali dalam sebulan. Keputusan tersebut akan dimulai saat Wisuda Periode III pada Mei 2023 ini.

Hal tersebut berdasarkan surat edaran Nomor 1683/UN27/WA.00.00/2023 tentang edaran jadwal pelaksanaan wisuda UNS. Hasil Rapat Kerja Pimpinan Universitas (RKPU) pada Rabu (26/4/2023) memutuskan bahwa wisuda dilaksanakan setiap bulan. UNS menyediakan kuota sebanyak 800 orang bagi para wisudawan setiap bulannya untuk melaksanakan wisuda.

Saat ini, UNS telah menetapkan jadwal wisuda periode III dan IV. Wisuda periode III akan dilaksanakan pada 27 Mei 2023. Sedangkan wisuda periode IV akan dilaksanakan pada 24 Juni 2023. Sementara itu, pelaksanaan wisuda pada periode selanjutnya akan dijadwalkan melalui kalender akademik 2023/ 2024.

“Untuk jadwal wisuda periode selanjutnya akan dicantumkan pada kalender akademik tahun 2023/ 2024,” terang Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. selaku Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS dalam surat edaran tersebut.

Hal ini disambut baik lantaran banyaknya calon wisudawan yang mendaftar di tiap periode wisuda. Mereka kerap tidak mendapat kuota wisuda pada periode terdekat. Sehingga calon wisudawan harus menunggu wisuda periode berikutnya.

Mahasiswa Fakultas Psikologi UNS, Farah Fauziyah, menuturkan tanggapan atas diberlakukannya kebijakan baru ini. Menurutnya pelaksanaan wisuda sekali dalam sebulan dapat mengurangi jumlah wisudawan yang membludak.

“Tanggapan aku yang nunggu-nunggu banget momen wisuda bagus sih. Soalnya nunggu dua bulan itu lumayan lama apalagi aku udah sidang dari bulan Februari. Bisa mengurangi jumlah wisudawan yang membludak juga kan,” ujar Farah ketika dihubungi uns.ac.id, Jumat (5/5/2023).

Sebelumnya, UNS memiliki kebijakan mengadakan wisuda dua bulan sekali. Pada April 2023 lalu, UNS telah mengadakan wisuda periode II dengan sebanyak 1.022 lulusan secara luring dan daring di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content