Deskripsi

PProgram Studi Sastra Indonesia sejak tahun 1976 telah mengelola tiga bidang: linguistik, sastra, dan filologi. Mahasiswa dibagi dalam tiga bidang tersebut pada semester V (kurikulum 2015). Prodi Sastra Indonesia telah melaksanakan beberapa kegiatan relevansi, peningkatan efesiensi, dan produktivitas. Kegiatan ini ditargetkan setiap tahunnya agar dapat meningkatkan indikator kinerja utama.

Visi

Menjadi program studi yang maju, unggul, dan terpercaya pada tingkat nasional dan internasional dalam ilmu sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang bertumpu pada budaya nasional terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang mengedepankan suasana akademik yang sehat, demokratis, terpadu antara kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, memanfaatkan teknologi dan informasi mutakhir yang dilandasi nilai-nilai budaya nasional terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang berorientasi pada pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan kesenian, untuk menjawab permasalahan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu serta pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bahasa Indonesia yang berorientasi pada pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang sastra, linguistik, dan filologi.
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang berskala nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan gagasan intelektual dalam bidang sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang berskala nasional dan internasional.
  4. Menghasilkan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang berskala nasional dan internasional.
  5. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bahasa Indonesia yang berorientasi pada pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia.

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Lapangan kerja lulusan Program Studi S1 Sastra Indonesia cukup luas dan terdapat di berbagai bidang dan instansi, seperti dosen (linguistik, sastra, atau filologi), peneliti, ahli linguistik, penulis, editor, wartawan, perbankan, dan pemerintah daerah.

Kurikulum

Program Studi S1 Sastra Indonesia memiliki beberapa bidang peminatan, yaitu linguistik, sastra, dan filologi. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Ruang Prodi Sastra Indonesia Gedung 3 Lantai 1 Fakultas Ilmu Budaya
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta, Kode Pos: 57126
Telepon/Faks: (0271) 632480/ (0271) 634521

Surel: sasindo@uns.ac.id
Website: sasindo.fib.uns.ac.id

Ketua Program Studi: Dra. Rr. Chattri Sigit Widyastuti, M.Hum.