Gedung UNS Press (tampak depan)

UNS PRESS. Penerbitan dan Pencetakan Universitas Sebelas Maret atau yang lebih dikenal dengan nama UPT. UNS Press merupakan unit pelaksanaan teknis yang menjalankan tugas sebagai lembaga penerbitan untuk memenuhi segala keperluan internal UNS dan Masyarakat. UPT. UNS Press ini didirikan dengan tujuan untuk menerbitkan buku, jurnal, majalah, dan produk penerbitan lainnya, terutama hasil karya ilmiah dari civitas akademika UNS maupun masyarakat luas. Baik itu yang berasal dari lingkungan perguruan tinggi maupun dari luar perguruan tinggi, yang bertalian dengan pendidikan, hasil simposium atau seminar, dan hasil penelitian. UPT. UNS Press berusaha untuk selalu menjaga mutu terbitan dan berkomitmen teguh untuk memposisikan diri sebagai penerbit mandiri, profesional, berkualitas, dengan biaya terjangkau.

UPT. UNS Press berdiri pada tanggal 14 Agustus 1989 dengan SK Rektor No. 154/PT.40.D/89 tentang pembentukan Unit Pelaksana Teknis Penerbitan dan Pencetakan Universitas Sebelas Maret. Tugas Utama UPT. UNS Press adalah melakukan kegiatan di bidang penerbitan dan pencetakan yang bersifat teknis, baik dengan buku maupun non buku. Untuk menjawab tantangan perkembangan dunia digital pada masa kini, mulai tahun 2020 lalu UNS Press memperkuat variasi produk dengan merambah produksi e-book. Kemudian untuk mempermudah civitas akademika UNS dan masyarakat mendapatkan buku-buku hasil terbitan UNS Press, maka UNS Press membuka UNS Press Bookstore yang berlokasi di lantai dasar kantor UPT UNS Press. Untuk buku-buku dalam bentuk ebook, UNS Press membuka layanan melalui link https://ebookstore.uns.ac.id/. Dengan pengembangan ini, diharapkan kehadiran UPT UNS Press dapat menjadi sarana pengembangan literasi masyarakat dan dunia Pendidikan Tinggi.

Gedung UNS Press (tampak samping)

Sejak berdiri 33 tahun yang lalu telah mengalamai beberapakali perubahan pimpinan manajemen, diawali dari kepemimpinan Dr. Sudiro Sutoto, Drs. A. Himawan, Drs. Y. Radiyono, dan Drs. Bambang Prawiro, M.M. Kemudian pada saat ini UPT. UNS Press dipimpin oleh Dr. Bedjo Riyanto., M.Hum.

Visi

UNS Press menjadi industri literasi berwawasan digital dan pusat produksi dan penerbitan buku yang andal, profesional, aktif, dan kreatif di tingkat nasional dan internasional.

Misi

  1. Memberikan layanan jasa cetak dan penerbitan buku kepada civitas akademika UNS dan Masyarakat
  2. Memberikan layanan produksi buku digital untuk kemajuan literasi di tengah masyarakat
  3. Memberikan layanan kerja sama dengan civitas akademika UNS dan masyarakat yang profesional, tangkas, dan kreatif.

Tujuan

  1. Mendorong tumbuh dan berkembangnya budaya membaca, menulis, dan menerbitkan buku untuk meningkatkan atmosfir ilmiah.
  2. Meningkatkan layanan pencetakan dan penerbitan buku, produksi buku digital, serta pelatihan di bidang penerbitan dan pencetakan dalam rangka penguatan bidang akademik.
  3. Menyebarluaskan buku dan karya ilmiah ke masyarakat luas untuk membangun dan mengembangkan keilmuan dan budaya akademik.
  4. Menjalin kerja sama dengan lembaga di dalam dan luar negeri dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang penulisan, penerbitan, pencetakan, perakitan, dan pemasaran.
  5. Meningkatkan sumber daya manusia dalam rangka menjadikan penerbitan dan pencetakan UNS yang andal dan profesional.
  6. Meningkatkan kualitas produk yang dihasil kan dengan memelihara dan modernisasi peralatan.