Program Studi Agribisnis FP UNS merupakan program studi yang memiliki komitmen tinggi terhadap upaya pengembangan agribisnis di Indonesia. Sebagai institusi akademik, Prodi Agribisnis mendesain kurikulum yang efektif dan solutif terhadap permasalahan agribisnis. Proses pembelajaran dikemas secara atraktif dengan menekankan pada inovasi pengetahuan, praktek yang menyentuh langsung permasalahan agribisnis dan kemampuan analitis yang tajam. Lulusan dari Prodi Agribisnis dapat berkontribusi maksimal dalam pengembangan agribisnis di Indonesia dengan mengambil pilihan peran sebagai: 1) wirausaha agribisnis, 2) konsultan agribisnis, 3) manajer agribisnis, 4) birokrat dan perencana pembangunan, 5) tenaga profesional di lembaga perbankan, dan 6) fasilitator pemberdayaan masyarakat agribisnis.

Visi

Menjadi program studi unggul di tingkat internasional dalam bidang agribisnis yang berorientasi pada pembangunan pertanian berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang agribisnis untuk memfasilitasi mahasiswa dalam pencapaian kompetensi, profesional, kreatif, tangguh dan berintegritas tinggi.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang agribisnis yang menunjang pembangunan pertanian berkelanjutan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat untuk membantu memecahkan permasalahan agribisnis yang dihadapi masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana pertanian di bidang agribisnis yang analitis, profesional, kreatif, tangguh, berintegritas tinggi dan mampu memberi kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dalam bingkai pembangunan pertanian berkelanjutan.
  2. Menjadikan Program Studi Agribisnis sebagai pusat pengembangan IPTEKS bidang agribisnis yang selalu berorientasi bagi kesejahteraan masyarakat.
  3. Meningkatkan peran program studi dalam pemberdayaan masyarakat di bidang agribisnis melalui pendekatan etik, berpikir analitik, dan bertindak strategik.

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

  1. Manajer agribisnis (perencana, pengelola, pelaksana, evaluator)
  2. Pengusaha agribisnis (wirausaha, inovator)
  3. Fasilitator pengembangan masyarakat agribisnis
  4. Pendidik/dosen/peneliti/konsultan/pengkaji agribisnis
  5. Perumus kebijakan agribisnis

Kurikulum

Akses di UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Telepon/Fax: (0271) 637457 Ext. 129
Surel: agb[underscore]fp@mail.uns.ac.id
Website: agribisnis.fp.uns.ac.id

Ketua Program Studi: Nuning Setyowati, S.P., M.Sc.