gambar-puskoom

UPT TIK UNS. Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Sebelas Maret. Di era komunikasi global, perkembangan informasi ilmiah yang paling mutakhir tidak lagi didominasi perguruan tinggi yang berada di kota besar. UNS melalui UPT TIK terus berusaha mengembangkan teknologi dan manajemen sistem informasi mutakhir yang mampu memenuhi kebutuhan penyelenggaraan manajemen dan akses informasi ilmiah secara cepat.

Saat ini, UNS telah menerapkan online system di semua fakultas dengan akses internet 24 jam baik untuk layanan administrasi maupun proses belajar mengajar. UPT TIK yang telah bersertifikasi ISO:9001:2008 ini telah berhasil mengembangkan jaringan online yang telah terhubung ke seluruh unit didukung dengan kapasitas bandwidth 350 Mbps dan dilengkapi fasilitas hotspot yang menyediakan akses WiFi 24 jam menjangkau 80% area kampus. Dengan tersedianya teknologi informasi berbasis web/online ini sistem informasi administrasi, baik administrasi akademik, keuangan maupun kemahasiswaan dapat dilaksanakan  secara terpadu.

Dengan telah dikembangkannya Sistem Informasi  Akademik (SIAKAD) secara  online, saat  ini untuk mengetahui perkembangan hasil studi dan perencanaan studi (pengambilan mata kuliah), mahasiswa dapat mengakses dari manapun melalui internet dengan mengunjungi  http://siakad.uns.ac.id.

Demikian juga bagi masyarakat yang membutuhkan informasi tentang UNS atau calon mahasiswa yang akan mendaftarkan diri ke UNS dengan mudah dan murah akan terlayani dengan sistem ini. Sistem ini juga telah diaplikasikan  melalui telepon selular yang support GPRS di http://wap.uns.ac.id ataupun  via SMS 3011 khusus pemakai telepon Selular Indosat dan 1103 untuk pemakai telepon seluler Fleksi.

Untuk menunjang keberhasilan pengembangan sistem pembelajaran jarak jauh, di samping terus memberdayakan intranet dan internet yang sudah ada, UPT TIK juga telah mengembangkan jaringan teleconference melalui proyek Inherent I dan II.