Search
Close this search box.

UNS Melepas Delegasi Tim PPK Ormawa Menuju Ajang Abdidaya Ormawa 2023

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas kontingen Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) untuk mengikuti Abdidaya Ormawa 2023. Acara pelepasan berlangsung di Ruang Sidang 4 Gedung dr. Prakosa UNS, Selasa (5/12/2023). Mereka akan menghadiri acara Anugerah Abdidaya Ormawa ke-3 tahun 2023 di Universitas Jember (Unej).

Anugerah Abdidaya Ormawa 2023 di Unej akan berlangsung mulai 7 hingga 10 Desember 2023. Rysca Indreswari, S.Pt., M.Si., selaku Dosen Pembimbing Bina Desa Center UNS melaporkan bahwa UNS mendelegasikan 5 Ormawa untuk kategori Sistem Pendukung Perguruan Tinggi, Ormawa, dan Tim Pelaksana.

Kelima delegasi ormawa tersebut yakni Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Peternakan Appaloosa Fakultas Pertanian, Himpunan Mahasiswa (HM) Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (Pelita), Keluarga Solid Mahasiswa Bidikmisi Dan Kip-Kuliah (Komadiksi) Smart, Kelompok Studi Penelitian (KSP) “Principium” Fakultas Hukum (FH).

UNS turut mengirimkan 4 orang dosen sebagai delegasi pada kategori Dosen Pendamping. Para Dosen UNS tersebut yakni Nurul Istiqomah, S.E.,M.Si., Muhammad Rustamaji, S.H., M.H., Dr. Emi Widiyanti, S.P., M.Si., dan Dr. Dwi Prasetyani, S.E., M.Si. Delegasi UNS pada setiap kategori telah dinyatakan lolos penilaian logbook, Penilaian Kemajuan Pelaksanaan (PKP), dan visitasi.

“Berbagai program yang telah kita jalankan sampai saat ini insyaAllah kita semua sudah melakukan yang terbaik. Saya pikir ini capaian yang luar biasa sekali,” ujar Rysca.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., berpesan untuk selalu menjaga kesehatan kepada masing-masing anggota tim selama berkompetisi besok. Selaku pimpinan UNS, beliau mengatakan bahwa kampus memberi dukungan penuh dalam kelancaran kegiatan yang akan dilakukan para delegasi.

“Kalau kita sudah punya niat di dalam hati, itu mentalnya akan kuat sekali. Saya harap adik-adik mahasiswa mempersiapkan niat dengan baik untuk memiliki mental juara,” tutur Prof. Yunus.

PPK Ormawa sendiri merupakan pelaksanaan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi kemahasiswaan. Program ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan menumbuhkan kepedulian mahasiswa dalam implementasi bela negara dan menumbuhkan cinta tanah air.  Pelaksanaan PPK Ormawa juga meningkatkan kualitas Ormawa, meningkatkan karakter mahasiswa yang berjiwa Pancasila, serta memiliki daya kepemimpinan dan kemampuan bekerja sama dalam tim.

UNS sendiri sebelumnya telah melakukan seleksi internal ormawa. Terdapat 16 tim yang lolos seleksi ini untuk mengikuti Workshop Pendampingan Subproposal PPK Ormawa 2023. Sebanyak 11 tim PPK Ormawa 2023 kemudian dinyatakan lolos seleksi akhir subproposal. Kesebelas Ormawa tersebut kembali dinyatakan lolos sebagai penerima bantuan PPK Ormawa 2023.

Setelah rangkaian penilaian logbook, Penilaian Kemajuan Pelaksanaan (PKP), dan Visitasi PPK Ormawa 2023, sebanyak 5 tim PPK Ormawa UNS dinyatakan lolos untuk mengikuti Anugerah Abdidaya Ormawa 2023. Ajang ini merupakan momentum dalam mengapresiasi kinerja tim pelaksana PPK Ormawa dan seluruh unsur pendukung pelaksanaan PPK Ormawa yaitu Ormawa, dosen pendamping, perguruan tinggi dan mitra desa dan/atau mitra eksternal desa. Pada acara penganugerahan tersebut akan diberikan penghargaan tertinggi untuk tim pelaksana, Ormawa, dosen pendamping, sistem pendukung PT, sistem pendukung mitra keberlanjutan, poster, video, dan luaran PPK Ormawa. Humas UNS

Reporter: R. P. Adji

Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content