Berita Terkini

UTM UNS, Prodi Baru Jadi Favorit

By 20 June 2019 No Comments

UNS РUjian Tulis Mandiri (UTM) kembali diadakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sebagai salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru program diploma di seluruh fakultas kecuali Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Sabtu (15/6/2019).  Sebanyak 3.548 orang mendaftarkan diri secara online sebagai calon peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS program Diploma jalur UTM ini dan 3.386 orang yang akhirnya mengikuti ujian. Prodi Pencatatan Sipil, yang merupakan Prodi baru di tahun 2018 lalu, menempati posisi kedua sebagai Prodi dengan peminat terbanyak.

“Jumlah tersebut dibagi menjadi tiga kelompok, yakni kelompok IPA 1.798, IPS 1.968, dan IPC 191. Untuk program studi dengan peminat terbanyak ditempati oleh Prodi Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja (K3) sebanyak 590 pendaftar, diikuti Prodi D4 Demografi dan Pencatatan Sipil sebanyak 570 pendaftar, dan Manajemen Administrasi sekitar 500an pendaftar,” ujar Drs. Is Hardi Utomo, Deputi II SPMB UNS.

Jalur masuk ini berbeda dengan Seleksi Mandiri UNS yang diselenggarakan serentak secara nasional melalui pengolahan data hasil ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN).

Jumlah pendaftar SBMPTN di UNS pun relatif sama dengan tahun lalu. Sementara itu, untuk jalur SNMPTN di UNS mengalami penurunan, mengingat standar dan persyaratan mendaftar SNMPTN juga berubah.

“Syarat dan standar untuk bisa mendaftar SNMPTN mengalami perubahan. Kalau di tahun sebelumnya, yang bisa mendaftar SNMPTN adalah 75% siswa dengan nilai tertinggi di setiap sekolah, mulai tahun ini menjadi 50% saja. Otomatis ada penurunan jumlah pendaftar,” ujar Prof. Sunardi, Sekretaris Eksekutif SPMB UNS.

Adapun untuk uji keterampilan bagi pendaftar Prodi Seni dan Keolahragaan dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2019. Hasil seleksi diumumkan pada tanggal 20 Juni 2019. Humas UNS/ Kaffa

Leave a Reply