uns berkarya

Revitalisasi Perpustakaan UNS dalam Rangka Menciptakan Civitas Akademik yang Semakin Baik

By 6 January 2016 April 8th, 2017 No Comments

Perguruan tinggi dalam tri dharma-nya mengusung bagaimana instansi ini berjalan dalam menjalankan fungsinya, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Lalu apabila ketiga hal ini dapat dijalankan dengan baik akan tercipta sebuah kesinambungan dalam cita-cita mencerdasarkan kehidupan bangsa dan memajukan kualitas SDM masyarakat khususnya di Indonesia dimana dalam 2016 ini kita akan memulai babak baru yaitu MEA dimana diperlukannya mencetak SDM yang berkualitas sehingga mempunyai daya saing yang kuat. Namun kenyataannya dalam mewujudkan hal ini di Indonesia, terdapat berbagai macam masalah yang salah satunya adalah begitu luasnya negara kita dan banyaknya masyarakat yang ada sehingga diperlukannya instrumen pembangunan yang tidak hanya berpusat disatu daerah saja namun juga menyebar dan merata, salah satunya adalah terdapatnya univisersitas diberbagai daerah baik negeri maupun swasta.

Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) sebagai salah satu instrumen itu juga bertanggung jawab dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi dan memajukan kehidupan bangsa dengan cara mencetak civitas akademisi yang berkualitas baik dalam hal akademik maupun moral sehingga diharapkan para alumni UNS dapat bermanfaat di dalam masyarakat. Lalu dalam hal ini UNS sendiri sudah melakukan berbagai macam cara untuk menunjang hal itu, seperti menyaring mahasiswa yang masuk dengan harapan akan masuknya “bibit unggulan” hingga meningkatkan infrastuktur seperti pembaharuan ruang kelas lalu yang paling baru belakagan ini adalah pembaharuan perpustakaan pusat dimana dibangun perpustakaan dengan delapan lantai.

Perpustakaan dalam fungsinya sebagai penyedia “jendela dunia” diharapkan menjadi bagian vital dalam kehidupan kampus karena dalam dunia pengajaran kita sendiri  tidak lepas dari ketergantungan dari buku, meskipun didalam era sekarang ini pemanfaatan internet begitu masif dan kuat namun bila kita mencari informasi didalam internet maka belum tentu informasi yang kita dapat itu valid dan bila kita bandingkan dalam hal kedalaman informasi yang tersedia, buku dapat menjadi acuan utama dalam pencarian informasi bila kita bandingkan dengan web. Lalu dengan adanya perpustakan baru di UNS maka terdapat harapan yang besar bagi mahasiswa dalam hal pemanfaatan perpustakaan seperti :

  1. semakin baiknya fasilitas yang terdapat didalam sebuah universitas sehingga mahasiswa semakin nyaman bila berada di perpustakaan.
  2. semakin beragamnya buku yang ada, sehingga mahasiswa dapat membaca buku selain litarur yang diharapkan intensitas mahasiswa dating keperpus untuk membaca akan meningkat dan minta membaca juga meningkat.
  3. Berfungsinya perpustakaan tidak hanya untuk civitas akademik UNS sendiri namun juga untuk masyarakat sekitar kampus, sehingga masyarakat sekitar dapat memanfaatkan refrensi yang ada dan dalam hal ini dapat menjalankan tri dharma perguruan tinggi yaitu salah satunya pengabdian masyarakat.

Baca selengkapnya: Revitalisasi Perpustakaan UNS dalam Rangka Menciptakan Civitas Akademik yang Semakin Baik

Penulis: Arif Noer Prayogi

Beri Like jika kamu sepakat dengan ide Arif Noer Prayogi

Leave a Reply