UNS Jalin Kerja Sama dengan BNPP RI

UNS Jalin Kerja Sama dengan BNPP RI

UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Republik Indonesia (RI). Kerja sama tersebut ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara keduanya di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS, Senin (23/10/2023).

Usai penandatangan MoU, Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. didampingi Plt. Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D. menyampaikan

sebagai tindak lanjut dari program Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), maka UNS terus melakukan kerja sama supaya program MBKM berjalan dengan baik. Salah satunya yaitu melalui penandatanganan MoU terkait pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan BNPP RI.

“Semoga dengan penandatangan MoU ini nanti segera ditindak lanjuti. Saya selalu berpesan bahwa MoU  tidak hanya sekadar tanda tangan saja. MoU harus segera ditindaklanjuti secepat mungkin supaya segera dapat diimplementasikan untuk kemajuan UNS. Dengan MoU ini saya yakin akan membawa kemajuan untuk UNS,” terang Prof. Jamal.

Sementara itu, Sekretaris BNPP RI, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H. mengucapkan terima kasih karena diberi kesempatan untuk mendapatkan dukungan dari UNS. “Kalau kami melihat perbatasan yang kami kelola, yaitu menangani pinggiran Indonesia. Kami mengelola perbatasan laut dengan 10 negara dan perbatasan darat dengan tiga negara. Sehingga banyak yang dapat kami kerja samakan dengan UNS,” ujar Prof. Zudan.

Prof. Zudan berharap kerja sama yang baru saja di tandatangani ini dapat segera dimplementasikan. “Bisa jadi KKN tematik UNS bisa dengan kirim dokter di wilayah perbatasan. Mohon dukungan dari UNS, supaya kami bisa mengembangkan wilayah perbatasan dengan keahlian yang dimiliki UNS,” imbuhnya.

Usai penandatangan MoU antara UNS yang dilakukan oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. dengan Sekretaris BNPP RI, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H. dilanjutkan dengan penandatangan perjanjian kerja sama antara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Fakultas Pertanian (FP) dan        Fakultas Peternakan UNS dengan Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP RI, Dr. Gutmen Nainggolan, S.H., M.Hum. HUMAS UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Skip to content