Rektor UNS Secara Resmi Membuka Gelaran Semar Livoma 2023

Rektor UNS Secara Resmi Membuka Gelaran Semar Livoma 2023

UNS — Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. resmi membuka Kejuaran Sebelas Maret (Semar) Liga Voli Mahasiswa (Livoma) 2023. Pembukaan tersebut ditandai dengan dibunyikannya sirine oleh Prof. Jamal Wiwoho pada Senin (23/10/2023) malam. Semar Livoma 2023 berlangsung selama lima hari sejak 23 hingga 27 Oktober 2023 di Gedung Olahraga (GOR) UNS.

Selaku Pimpinan UNS, Prof. Jamal terus mendorong berbagai aktivitas kemahasiswaan. Melalui bidang keolahragaan, khususnya bola voli, beliau berharap adanya peningkatan prestasi dari tahun ke tahun. Hal tersebut juga mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Semar Livoma 2023 merupakan gelaran kelima dari kejuaraan bola voli mahasiswa tingkat nasional. Sebanyak 40 tim yang terdiri dari 24 tim putra dan 16 tim putri akan memperebutkan piala bergilir Kemendikbudristek dan piala tetap Rektor UNS. Prof. Jamal mengucapkan selamat bertanding kepada para atlet yang hadir dalam acara pembukaan ini.

“Saya sangat berharap kalian akan melakukan pertandingan yang menjunjung tinggi sportivitas dan kebersamaan agar Semar Livoma 2023 dapat berjalan dengan baik,” tutur Prof. Jamal.

Prof. Jamal menegaskan, kampus akan terus mendukung kesempatan mahasiswa untuk berprestasi. Hal ini tentunya sebagai upaya UNS dalam mendukung transformasi perguruan tinggi melalui Indikator Kinerja Utama (IKU). IKU ke-2 merupakan mandat bagi perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. Kesempatan tersebut salah satunya dapat diraih dengan mendapat prestasi dari kompetisi tingkat nasional.

“Kita akan terus mendukung kegiatan-kegiatan seperti Semar Livoma sebagai salah satu pencapaian IKU 2, yakni adanya prestasi mahasiswa di tingkat nasional maupun internasional,” tambahnya.

Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Voli UNS, Dr. Deddy Whinata Kardiyanto menambahkan, Semar Livoma merupakan kejuaraan bola voli yang diikuti perguruan tinggi se-Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan oleh UKM Bola Voli UNS secara rutin sejak 2017. Semar Livoma menjadi salah satu ajang kejuaraan besar di kalangan mahasiswa yang telah diselenggarakan sebanyak 4 kali yakni 2017, 2018, 2019, dan 2022. Kegiatan ini menjadi salah satu ajang eksistensi Perguruan Tinggi (PT) se- Indonesia dibidang olahraga bola voli.

“Tahun ini adalah yang kelima kalinya di UNS dan merupakan salah satu kegiatan rutin yang digelar di UNS. Dan kami menyatakan siap menyelenggarakan Semar Livoma di UNS,” tutur Dr. Deddy. Humas UNS

Reporter: R. P. Adji

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content