UNS Mewisuda 1.531 Wisudawan Periode I 2023

UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mewisuda sebanyak 1.531 wisudawan pada wisuda periode I 2023. Wisuda ini berlangsung di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Sabtu (25/2/2023).

Sebanyak 1.531 wisudawan tersebut terdiri atas 27 wisudawan Sekolah Pascasarjana, 65 wisudawan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), 62 wisudawan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), 71 wisudawan Fakultas Hukum (FH), 105 wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 96 wisudawan Fakultas Kedokteran (FK), dan 114 wisudawan Fakultas Pertanian (FP).

Kemudian, 96 wisudawan dari Fakultas Teknik (FT), 301 wisudawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 61 wisudawan Fakultas Keolahragaan (FKOR), 63 wisudawan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 29 wisudawan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), dan 441 wisudawan Sekolah Vokasi (SV).

Dalam laporannya, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus menyebutkan bahwa dari 1.531 wisudawan tersebut, sebanyak 38 wisudawan Program Doktor merupakan dosen UNS dan 470 wisudawan lulus dengan predikat ‘cumlaude’ atau dengan pujian.

“Selain itu, terdapat lulusan-lulusan dengan capaian luar biasa, seperti lulusan tercepat program doktor atas nama Akhmad Azmiardi dari Program Studi (Prodi) S-3 Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan lama studi 2 tahun 2 bulan. Lulusan doktor termuda diraih oleh Muhammad Bagus Adi Wicaksono dari Prodi S-3 Ilmu Hukum yang lulus pada usia 26 tahun 7 bulan,” tuturnya.

Pada jenjang magister, lulusan tercepat diraih oleh Aswika Budhi Arfandy, dari Prodi S-2 Ilmu Hukum yang lulus dalam waktu 1 tahun 5 bulan. Lulusan termuda diraih oleh Alda Zahara Islamyati dari S-2 Pendidikan Luar Biasa dengan usia saat lulus 23 tahun. Sementara itu, lulusan tercepat jenjang sarjana diraih Andhika Aptanta Rahman dari Prodi Ilmu Hukum dengan lama studi 3 tahun 5 bulan. Lalu, lulusan termuda sarjana diraih Ravi Danendra dari Prodi Ilmu Hukum, Ia lulus pada usia 20 tahun 6 bulan.

“Lulusan tercepat program D-4 atas nama Dyah Widya Ariani dari D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil, lulus dengan lama studi 4 tahun. Lulusan termuda jenjang D-4 atas nama Ummu Abiha Nurul Kamilah dari D-4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, lulus pada usia 21 tahun 3 bulan. Lalu, pada jenjang D-3, lulusan tercepat adalah Donda Trifila Arga dari D-3 Teknik Sipil, sementara lulusan termuda diraih Yoanangelina Fitri dari Prodi D-3 Bahasa Inggris, lulus pada usia 19 tahun 7 bulan,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan selamat dan apresiasi atas kelulusan para wisudawan, terutama wisudawan doktor yang merupakan dosen UNS.

“Terus terang, penambahan jumlah doktor baru hari ini sungguh sangat berarti bagi UNS yang saat ini sedang berusaha keras memenuhi target 50% jumlah dosen UNS bergelar doktor, saat ini baru mencapai 45%. Sesaat lagi, Saudara akan memasuki tantangan kehidupan yang sebenarnya dan dengan arus perubahan yang begitu cepat. Masa depan sejatinya bukanlah sesuatu yang masih jauh, melainkan merupakan satu hal yang amat nyata telah berada dihadapan kita,” ujar Prof. Jamal.

Oleh karena itu, Rektor UNS berpesan agar para wisudawan menyiapkan bekal agar mampu beradaptasi dan survive menghadapi kehidupan pasca kuliah.

“Sejarah telah membuktikan bahwa sepak terjang generasi muda mampu tampil sebagai pelopor dalam memperjuangkan perubahan dan keluar dari belenggu penjajahan. Oleh karena itu, saya berharap agar Saudara mampu menjadi sumber inspirasi dan sanggup berjuang bersama demi kebaikan bangsa,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content