Berita Terkini

UNS Resmikan Hari Bebas Emisi

By 3 July 2020 No Comments
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

UNS – Penyelenggaraan Hari Bebas Emisi di lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan dimulai pada bulan Juli 2020. Peresmian Hari Bebas Emisi UNS dilakukan pada Jumat (3/7/2020) oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho. Kegiatan diawali dengan bersepeda bersama dari rumah dinas Rektor UNS dan berakhir di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Kegiatan tersebut dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Hari Bebas Emisi UNS dilaksanakan sebagai langkah menindaklanjuti Peraturan Rektor UNS Nomor 827A/UN27/2013 tanggal 20 September 2013 tentang Pedoman Pengelolaan Kampus Ramah Lingkungan (Green Campus) UNS dan Instruksi Rektor UNS Nomor 6 Tahun 2016 tanggal 2 Juni 2016 tentang Transportasi Ramah Lingkungan di Kampus UNS.

Secara rutin agenda ini akan dilaksanakan satu hari dalam satu bulan pada setiap hari Jum’at Minggu pertama. Dalam Surat Edaran Nomor 44/UN27/SE/2020 dijelaskan ketentuan-ketentuan yang mengatur pelaksanaan kegiatan tersebut. Seperti mewajibkan seluruh aktivitas mobilisasi di kampus menggunakan alat transportasi bebas emisi, berjalan kaki atau menggunakan alat transportasi publik yang telah disediakan kampus.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Jamal menyampaikan jika rencana ini berawal dari peringatan Hari Lingkungan Hidup bulan lalu. Kegiatan tersebut dinilai positif dan berdasarkan diskusi yang telah dilakukan oleh jajaran pimpinan universitas, fakultas dan direktur Sekolah Vokasi (SV) sepakat untuk menjadikan kegiatan sehari tanpa emisi ini dilakukan pada Jumat pertama setiap bulannya.

“Tentu ini merupakan satu yang harus dipersiapkan, terutama area parkir. Untuk hari-hari ini belum menjadi masalah tapi nanti jika sudah aktif tentu kita mencoba untuk meningkatkan frekuensi angkutan yang bisa dipergunakan,” tutur Prof. Jamal saat ditemui tim uns.ac.id.

Pelaksanaan kegiatan rutin ini akan dimulai dari pukul 06.00 WIB sampai 17.30 WIB. Bagi seluruh sivitas akademika UNS yang terpaksa menggunakan kendaraan pribadi bukan bebas emisi dapat parkir ditempat yang telah disediakan. Terdapat tiga lokasi yaitu halaman gedung LPPM, halaman gedung BAPSI dan Gedung SPMB serta wilayah seputar Stadion.

Khusus bagi sivitas akademika UNS yang akan melaksanakan pekerjaan (penyedia jasa) bertepatan pada hari Jumat pertama di bulan tersebut, diperbolehkan menggunakan alat transportasi setelah mendapat izin dari UNS. Sejalan dengan hal tersebut, apabila dikemudian hari terdapat kegiatan bertepatan dengan pelaksanaan 1 hari tanpa emisi dan telah ditentukan serta mendapat persetujuan pimpinan maka hari bebas emisi pada bulan tersebut akan ditiadakan. Namun pada kondisi darurat seperti penanganan kecelakaan, orang sakit, kebakaran dan lain sebagainya pelaksanaan tersebut tidak berlaku. Serta secara periodik kegiatan ini akan ditinjau kembali memperhatikan situasi dan kondisi yang berkembang.

Prof. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan turut memberi dukungan terhadap satu hari tanpa emisi yang resmi dimulai hari ini. Selain itu, pada kesempatan yang sama, Prof. Ismi juga menyampaikan kesiapan FISIP UNS dalam menghadapi New Normal. Peserta yang mengikuti kegiatan hari ini juga berkesempatan untuk melihat fasilitas menghadapi New Normal yang telah dilakukan oleh FISIP UNS. Humas UNS

Reporter: Ratri Hapsari
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply