UNS – Sebagai universitas yang masuk kluster pertama atau jajaran sepuluh universitas terbaik se-Indonesia, Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali membuktikan prestasinya. Sebanyak 790 wisudawan berpredikat cumlaude atau dengan pujian membuktikan prestasi ini dalam prosesi wisuda periode IV tahun 2017, yang dibuka langsung oleh Ravik Karsidi selaku rektor UNS pada Sabtu (9/9/2017) di Auditorium UNS.

Suasana khidmat wisudawan saat sesi prosesi wisuda periode IV tahun 2017

Prosesi wisuda tersebut meluluskan 1823 wisudawan yang dibagi ke dalam dua sesi, yakni pagi sebanyak 931 wisudawan dan siang sebanyak 823 wisudawan, dengan total 790 wisudawan lulus dengan predikat cumlaude. Dalam rincian tersebut, sebanyak 142 mahasiswa bidikmisi lulus dengan predikat cumlaude dari keseluruhan 233 mahasiswa bidikmisi yang dinyatakan lulus hari itu. Pelaksanaan wisuda periode IV tahun 2017 pada Sabtu 9 September 2017 diikuti oleh lulusan Program Doktor, Magister, Pendidikan Dokter Spesialis, Sarjana dan Diploma.

Laporan Wakil Rektor Bidang Akademik, Sutarno tentang Lulusan Universitas Sebelas Maret pada Acara Wisuda Periode IV Tahun 2017 tanggal 9 September 2017

Dalam amanatnya, Ravik Karsidi berpesan kepada wisudawan untuk menjaga nama baik almamater UNS serta memilih tindakan yang baik untuk kehidupan sebagai orang berilmu.

“Kejahatan genosida di Myanmar harusnya dapat diambil hikmahnya oleh wisudawan, salah satunya untuk memilih tindakan baik yang tidak menempatkan dirinya pada jalan-jalan ekstrim radikalisme,” tutur Ravik.

Angga Yulio Valentino, selaku perwakilan dari wisudawan UNS,  menyampaikan bahwa wisuda bukan hanya perayaan gelar akademik semata, tetapi juga untuk menjaga semangat persatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

“Tanggung jawab wisudawan setelah lulus adalah bermanfaat bagi masyarakat, nasib bangsa ke depan bukan sesuatu yang ditunggu, namun merupakan sesuatu yang diciptakan. Untuk itu, diperlukan rasa persatuan untuk berkontribusi bersama,” papar Angga.

Selain itu, Ravik menghimbau kepada wisudawan untuk berbangga menjadi alumni UNS karena alumni UNS berkiprah secara baik dalam berbagai lini, dan peminatnya semakin tinggi dari tahun ke tahun, sebagai contoh Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T., MT. yang merupakan rektor Universitas Cendrawasih, Thomas selaku Wakil Bupati Asmat, Wimboh Santosa selaku Ketua OJK, Jaksa Agung Kejaksaan RI, dan beberapa Dirjen Kementerian, serta masih banyak alumni lain yang berprestasi dan memiliki peran penting di seluruh aspek. humas-red.uns.ac.id/Isn/Eln