BEM Gelar Open House UNS Mengajar 2022

BEM Gelar Open House UNS Mengajar 2022

UNS — Kementerian Sosial Masyarakat (Sosma) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sebelas maret (UNS) Surakarta memiliki salah satu program kerjanya yakni UNS Mengajar. Program UNS Mengajar merupakan sebuah kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada pendidikan sekolah dasar yang berada di daerah yang membutuhkan.

Pada Minggu (22/5/2022) telah diadakan Open House UNS Mengajar bertema Bersinergi Untuk Negeri yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Adapun agenda open house ini untuk memberikan informasi kepada mahasiswa UNS terkait kegiatan UNS Mengajar 2022.

Dengan menghadirkan 6 narasumber yang mengulik seputar pendidikan di Indonesia dan lika-liku pengabdian masyarakat di ranah mahasiswa. Acara dibuka dengan pemaparan materi oleh Presiden BEM UNS 2022, Shoffan Mujahid tentang Masterplan Pendidikan Indonesia.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai bagian dari solusi mengatasi kesenjangan pendidikan di Indonesia. Serta untuk terwujudnya gerakan UNS Mengajar yang dapat mewujudkan tri darma perguruan tinggi serta memotivasi peserta didik sekolah dasar agar unggul dan berprestasi untuk negeri,” ujar Shoffan.

Shoffan melanjutkan melalui UNS Mengajar harapannya menjadi sebuah kegiatan yang dapat membawa semangat serta inspirasi untuk semua mahasiswa dalam bersinergi melalui program pengabdian masyarakat.

“UNS Mengajar merupakan project horizontal yang proses pelaksanaannya berkontribusi secara sukarela membantu dalam peningkatan kualitas pendidikan secara langsung. Saya berharap semoga agenda UNS Mengajar 2022 bisa terlaksana dengan baik. Namun pesan saya, jangan hanya sekadar dalam bentuk eksekusi. Tetapi perlu juga diperhatikan dalam bentuk sisi akademisnya. Supaya nantinya dapat membawa dampak kebermanfaatan yang lebih luas,” terang Shoffan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian serba-serbi UNS Mengajar yang dipaparkan oleh Steering Committee UNS Mengajar 2021, Muhamad Ammar, Project Officer UNS Mengajar 2021, Aristo Lanang dan Director Creative Organizer UNS Mengajar 2021, Almaeda.

BEM Gelar Open House UNS Mengajar 2022

“Misi dari adanya program UNS Mengajar yakni memberi ruang mahasiswa untuk melaksanakan salah satu tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Kemudian membangun nilai karakter, self esteem dan semangat literasi siswa tingkat sekolah dasar. Juga memfasilitasi siswa tingkat sekolah dasar di daerah pelosok dalam memenuhi kebutuhan jaringan, sarana, dan prasarana. Serta membentuk kolaborasi dengan pihak-pihak yang bergerak dalam pengabdian masyarakat,” jelas Ammar.

Selanjutnya penyampaian materi oleh Project Officer UNS Mengajar 2022, Syaiful Anwar. Ia turut berharap kegiatan UNS Mengajar ini dapat menjadi acuan mahasiswa untuk bisa melaksanakan pengabdian masyarakat. Serta menjadi kegiatan bermanfaat bagi seluruh elemen masyarakat UNS. Kemudian acara ditutup dengan pemberian materi oleh Presiden BEM UNS 2021, Zakky Mustofa Zuhad. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content